Ilustrasi lelah batin dan pikiran
Ilustrasi lelah batin dan pikiran ( Pixabay)

Sering Dianggap Sepele! Ternyata Mudah Lelah adalah Indikator Penyakit Berikut

27 Januari 2022 17:25 WIB

Sonora.ID - Apabila seseorang merasa lelah saat setelah bekerja ataupun berolahraga maka hal itu bisa kita anggap sesuatu yang wajar.

Namun kita perlu waspada apabila gampang merasa lelah padahal cuma melakukan aktivitas ringan bahkan tidak melakukan apa apa saat di rumah.

Gejala gampang kelelahan menjadi salah satu diagnosa kamu yang berpotensi mengalami gangguan kesehatan tertentu seperti sindrom kelelahan kronis. Berikut beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab rasa lelah berlebihan.

  1. Anemia

Keadaan anemia terjadi apabila tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah sesuai dengan kebutuhan hariannya sehingga tubuh akan mengalami kekeurangan asupan oksigen.

Keadaan inilah yang membuat tubuh jadi lebih mudah lelah dan berisitirahat agar bisa mendapatkan oksigen yang cukup untuk kebutuhan harian.

  1. Apnea

Apnea adalah kondisi seseorang yang mudah terbangun di tengah tidur karena pernapasan yang berhenti sejenak. Keadaan ini bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti tidur sambal mengorok yang keras.

Keadaan terbangun tengah malam dapat merusak pola tidur dan membuat seseorang lebih mudah untuk kelelahan akibat kurangnya oksigen dalam tubuh.

Baca Juga: Hai Capek, ya? Ini 5 Alasan Mengapa Hidup Kamu Begitu Sulit Dijalani

  1. Kehamilan

Perempuan yang sedang hamil sangat wajar apabila lebih mudah merasa lelah. Hal ini dikarenakan tubuh juga mengambil beban janin yang sedang ada dalam perut serta bekerja mendukung pertumbuhan janin yang ada dalam tubuhnya.

Tidak hanya itu ibu hamil akan menghasilkan lebih banyak hormone progesterone yang akan membuatnya lebih mudah merasa lelah.

  1. Diabetes

Jika kamu sering merasa lelah yang diikuti dengan nafsu makan meingkat secara signifikan tetapi berat badan terus menurun maka kamu perlu waspada. Hal ini merupakan gejala orang dengan diabetes yang juga ternyata memiliki pengaruh pada produktivitas tubuh.

  1. Depresi

Apabila kamu terjebak dalam kesedihan secara berlaru-larut dan mulai kehilangan minat dalam menjalani aktivitas sehari-hari bisa jadi kamu sedang ada dalam tahap depresi.

Depresi tidak hanya berpengaruh pada keadaan emosional kita namun juga berpengaruh pada kondisi fisik akibat hilangnya minat terhadap sesuatu sehingga mudah kelelahan.

Baca Juga: 10 Kata-Kata Motivasi untuk Kamu yang Lelah Menghadapi Cobaan Hidup

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm