Walkot Medan Minta Dishub Perkuat Sistem E-Parking Guna Maksimalkan Penerapan E-Parking

9 Februari 2022 16:15 WIB
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution minta Dishub perkuat sistem E - Parking
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution minta Dishub perkuat sistem E - Parking ( Pemko Medan)

Medan, Sonora.ID - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengoptimalkan potensi penerimaan daerah dari retribusi parkir.

Salah satu strategi yang dilakukan dengan penerapan E-Parking. Dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pengelolaan parkir Bobby Nasution optimis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perparkiran akan tercapai.

Dalam hal yang penerapannya Bobby Nasution menemukan kurang maksimalnya penerapan e- parking di ruas-ruas jalan yang telah ditetapkan, seperti di Jalan Setia Budi Medan.

Bobby Nasution menemukan adanya praktik parkir manual di kawasan tersebut. Artinya terdapat dua metode dalam pengutipan parkir di jalan Setiabudi, yaitu manual dan e-parking.

Setelah dipastikan ternyata kedua metode tersebut mempunyai izin dari Dinas Perhubungan (Dishub) Medan. Artinya terdapat dua Surat Perintah Tugas (SPT) yang dikeluarkan Dishub, satu SPT menggunakan digital dan satu lagi secara manual. 

Baca Juga: Sukses Lewat e-parking, Target PAD 2022 Kota Medan Naik 800 Milyar Rupiah

Guna memastikan penerapan e-parking berjalan maksimal dan menghindari pemicu terjadinya potensi keributan di kawasan tersebut, Bobby Nasution menegaskan Dishub untuk memperkuat sistem e- Parking dan tidak lagi mengeluarkan dua SPT.

"Saya telah tegaskan Dishub untuk segera melakukan perbaikan dalam seluruh lokasi yang telah menerapkan e-parking. Jangan sampai terjadi kembali ada parkir yang menggunakan dua metode dalam satu lokasi," Jelas Bobby.

Menurut Bobby Nasution, selain untuk mengoptimalkan potensi penerimaan daerah dari retribusi parkir, penerapan e-parking ini dilakukan agar transaksinya transparan dan juga memberikan kemudahan bagi masyarakat saat membayar parkir.

"Perubahan transaksi dari tunai menjadi non tunai akan meningkatkan transparansi penerimaan daerah. Selain itu penerapan e-parking ini juga sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan memudahkan pembayaran parkir. Oleh karenanya sistem e- parking akan kita perkuat lagi" Sebut Bobby Nasution.

Kadis Perhubungan, Iswar Lubis mengatakan, pihaknya telah berbenah dan meningkatkan sistem e- parking pasca sidak yang dilakukan Bobby Nasution.

Baca Juga: Aliansi Parkir Kota Medan Unjuk Rasa Tolak Perwal e-Parking

Ia menjelaskan , begitu ada arahan pak Wali, besok permasalahan tersebut sudah langsung diselesaikan. Artinya dilokasi e-parking yang memiliki parkir khusus sudah tidak ada lagi SPT untuk parkir khusus sehingga semuanya menyatu dalam penerapan e- parking.

"Dalam menyatukan metode pengutipan parkir tersebut, kita sudah lakukan koordinasi dengan BP2RD. InshaAllah sudah tidak ada lagi pengutipan manual di lokasi tersebut, sebab sehari setelah pak Wali mengarahkan kita langsung selesaikan," Jelas Iswar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm