Mitos atau Fakta? Makanan Pedas Bisa Obati Penyakit Flu dan Batuk

13 Februari 2022 13:10 WIB
Makanan pedas
Makanan pedas ( Kompas.com)

Sonora.ID – Cuaca ekstrem seperti sekarang ini, batuk dan pilek adalah penyakit yang lumrah terjadi saat ini.

Saat sedang batuk dan pilek, nafsu makan kadang bisa menurun.

Namun, saat batuk atau pilek dan tubuh merasa sedikit demam, makan makanan yang pedas biasanya menjadi solusi untuk menambah nafsu makan. 

Mengonsumsi makanan pedas diyakini dapat mengobati batuk dan pilek.

Anggapan tersebut muncul karena ada efek pengurangan gejala yang dirasakan setelah menikmati makanan pedas.

Dilansir dari kompas.com, kandungan cabai atau capcaisin yang ada pada makanan pedas sebenarnya tidak dapat mengobati batuk dan pilek.

Namun, capcaisin hanya dapat memberikan sedikit kelegaan untuk sementara, tapi setelahnya bisa jadi memperburuk gejala penyakit tersebut.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Sepelekan Flu dan Batuk! Sebaiknya Lakukan Ini Segera

Senyawa-senyawa yang sering kita temukan seperti capcaisin, piperine , allyl isothiocyanate dan juga  wasabi hanya berfungsi sebagai dekongestan alami.

Fungsi tersebut hanya bisa meringankan gejala-gejala yang timbul saat batuk dan pilek.

Senyawa-senyawa itu tidak dapat menyembuhkan Gejala  hidung tersumbat, namun capcaisin dapat berperan sebagai ekspektoran yang dapat melegakan dahak.

Khasiat yang ada tersebut memberikan manfaat karena imun mendeteksi adanya peradangan.

Namun, salah satu sistem kekebalan tubuh kita bakal memicu lebih banyak lendir setelah efek tersebut habis.

Sebenarnya, yang dapat memperburuk gejala adalah lender itu. Bisa dikatakan, makanan pedas memberikan efek seperti obat pereda nyeri.

Namun, jika efek obat sudah habis, otak kembali akan mengirim sinyal nyeri kembali dan tubuh akan memberi respons akan hal itu.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghilangkan Pedas atau Panas di Tangan Akibat Cabai!

Makanan pedas memiliki zat aditif yang bikin penikmatnya ketagihan, maka secara tidak langsung keinginan untuk mengonsumsi makanan pedas akan timbul lagi, lagi dan lagi.

Masalah lain yang akan timbul yakni saat tubuh sedang tidak fit akan membuat pencernaan ikut terganggu. Masalah ini akan timbul jika berlebihan mengonsumsi makanan yang pedas.

Maka, makan makanan pedas bukan cara terbaik untuk mengobati batuk dan pilek. Yang terpenting adalah Kita perlu memperbanyak istirahat dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar sistem imun bekerja secara efektif dalam melawan penyakit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm