Bangun Mall Pelayanan Publik Hidupkan Ekonomi di Kapuas Indah

19 Maret 2022 15:30 WIB
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melihat sketsa gedung mall pelayanan publik.
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melihat sketsa gedung mall pelayanan publik. ( Sonora/Indri Rizkita)

Pontianak, Sonora.ID - Pemerintah Kota Pontianak memulai pembangunan mall pelayanan publik yang terletak di kawasan Kapuas Indah dengan pemancangan tiang pertama, Sabtu (19/3).

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, pembangunan mall pelayanan publik ini menjadi atensi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang mensyaratkan pemerintah daerah memiliki mall pelayanan publik.

“Jadi hari ini pemancangan dimulainya pembanguan mall pelayanan publik yang menjadi atensi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang mensyaratkan pemerintah daerah harus memiliki mall pelayanan publik,” kata Edi kepada awak media.

Edi menjelaskan, kota Pontianak memiliki aset Kapuas Indah yang sudah lama tidak direhab. Dengan dijadikannya mall pelayanan publik, ini menjadi salah satu upaya dalam penataan kawasan.

“Kebetulan kita mempunyai aset di Kapuas Indah yang 35 tahun lebih tidak direhab dan terkesan kumuh. Kita punya space di lantai 3 sangat luas yang ini akan dijadikan mall pelayanan publiknya. Sekaligus penataan kawasan,” ucapnya.

Selain pembanguan mall pelayanan publik, penataan kawasan lainnya seperti pembangunan waterfront juga akan diselesaikan, sehingga ketika masyarakat ingin mengurus administrasi kependudukan masyarakat bisa menunggu sambil berbelanja, santai, atau sekadar berjalan-jalan.

“Ketika orang yg datang kesini mau ngurus akta, perizinan, perpanjang SIM bisa di sini termasuk nikah. Ada 27 pelayanan di sini. Jadi masyarakat sembari menunggu pelayanan bisa sambil berjalan-jalan, ngopi, ada tempat interaksi bisnis juga. Untuk parkir nanti akan diatur, da gate dari depan dan akan kita kelola scara profesional,” ungkap Edi.

Ia berharap, dengan dibangunnya mall pelayanan publik di kawasan Kapuas Indah ini setidaknya bisa ikut menghidupkan perekonomian di kawasan tersebut.

“Harapan kami masyarakat yang mempunyai bangunan di sekitar sini juga harus menunjang, memperbarui, merehab, memperindah kawasannya sehingga harapan kita untuk kawasan ini yang tertata, bersih, rapi, hijau bisa tercapai,” harapnya.

Baca Juga: Masyarakat Karanganyar Kini Urus Paspor Lebih Mudah Tinggal Datang di Mall Pelayanan Publik Karanganyar

Edi menambahkan, gedung tetap akan mempertahankan bentuk bangunan asli dengan tidak merubah bentuk bangunan, agar masyarakat Pontianak yang berada di luar ketika kembali ke Pontianak tetap mengenal Kapuas Indah.

Pembangunan mall pelayanan publik ini diperkirakan akan berakhir pada tahun 2023 mendatang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm