Dinsos Makassar Tangani Nenek Terlantar yang Viral di Sosial Media

25 Maret 2022 18:40 WIB
Postingan di sosial media, lansia terlantar di Makassar
Postingan di sosial media, lansia terlantar di Makassar ( Sonora.ID)

Makassar, Sonora.ID - Pemerintah mengaku telah menangani seorang nenek yang terlantar. Kondisinya, memprihatinkan lantaran sedang sakit dan hanya bisa tidur.

Kepala Dinas Sosial Makassar, Aulia Arsyad mengatakan informasi telah diterima sejak dua pekan lalu. Bahkan sebelum rekaman videonya viral di sosial media.

Dia menyebut, penanganan yang diberikan berupa evakuasi ke rumah sakit untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

"Informasinya ini dua Minggu yang lalu kayaknya itu kami bawa ke rumah sakit Daya (Makassar). Makanya saya bilang kenapa baru sekarang viralnya, dianggap tidak ditangani padahal sudah kita tangani," ujarnya, Jumat (25/3/2022).

Aulia menjelaskan, setelah mendapatkan perawatan di RSUD Makassar, nenek tersebut dibawa ke kosnya. Namun, pemilik telah mengeluarkan seluruh barangnya.

Belakangan diketahui pembayarannya kosnya sudah dua bulan menunggak.

"Jadi ini yang punya kos kasih keluar semua barangnya. Jadi kita koordinasi sama Lurah memberikan tempat tinggal sementara," jelas Mantan Camat Tallo ini.

Baca Juga: Dinsos Ungkap Penghasilan Anjal di Makassar Capai Rp9 juta per bulan

Saat ini, Aulia Arsyad mengatakan bahwa nenek tersebut telah mendapat tempat tinggal sementara di rumah RT setempat selagi menunggu diarahkan ke BRPSDF Wirajaya Makassar sebagai tempat rehabilitasi. Berbagai kebutuhan sandang juga sudah diberikan, seperti kasur dan selimut.

"Terus, kemarin kami sama Balai Wirajaya juga sudah turun kasih bantuan. Ada juga family kit, alat mandi, pakaian dalam. Kemarin juga kasih bantuan beras," jelasnya.

"Intinya dikasih kebutuhannya. Hari ini, mau dibawa ke Balai Wirajaya," sambungnya.

Diketahui, rekaman video seorang nenek yang sakit viral di sosial media. Penyanyi sekaligus Cucu Presiden Ketiga BJ Habibie, Melanie Subono mengunggah kondisi nenek tersebut dalam keadaan mengkhawatirkan.

Dalam postingannya, Melani menyebut nenek yang sudah lanjut usia (lansia) itu dibuang barangnya oleh pemilik kos di Rappokalling. Kondisinya saat itu pun tengah mengalami sakit dan hanya bisa tidur.

"Lansia dibuang barangnya dan dikunci ibu kosnya semalam. Makan jarang berdiri udah susah banget. Seorang lansia udah ga bisa bangun dengan suami katarak, keduanya kurang gizi karena kadang makan kadang tidak," tulis Melani dalam keterangannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm