Menghilangkan Efek Rotoscope dari Video TikTok, Emang Bisa? Begini Caranya!

8 April 2022 15:50 WIB
Cara menghilangkan efek rotoscope di TikTok
Cara menghilangkan efek rotoscope di TikTok ( Kompas.com)

Sonora.ID – Platform media sosial untuk berbagi video TikTok, baru-baru ini menghadirkan sebuah filter baru bernama Rotoscope.

Para pengguna Tiktok bisa menambahkan dan menghapus Rotoscope dari koleksi filter di TikTok.

Jika kamu kerap membuka TikTok, pasti kamu sudah melihat beberapa video yang menggunakan filter rotoscope di videonya yang lewat di For Your Page (FYP) milikmu.

@davidddodle Now you can do this Rotoscope effect using filter ???????? Try it!!???????? #rotoscope #tutorial #learnontiktok #tiktokguru #jombelajar ♬ Nutcase22 Captain RestrictedRemix - i c e t u t ❄️

Dalam video itu, filter ini bekerja dengan cara mengubah objek (wajah dan tubuh) bergerak dari pengguna yang ditangkap kamera TikTok menjadi sebuah animasi.

Baca Juga: Viral Tiktok! Ini Lirik Lagu 'Thinking with My D---' milik Kevin Gates

Rotoscope sendiri merupakan salah satu teknik animasi dengan cara menjiplak gerakan langsung (live-action) pengguna dan mengubahnya menjadi video animasi.

Lewat filter Rotoscope di TikTok, pengguna bisa membuat video animasi dari gerakan tubuhnya.

Animasi yang dimunculkan lewat filter Rotoscope di TikTok ini juga dibarengi dengan perubahan warna. Jadi saat tubuh digerakkan, animasi bakal muncul di layar TikTok berikut dengan perubahan warnanya.

Untuk membuat video animasi seperti contoh di atas, kamu perlu menambahkan Rotoscope di koleksi filter TikTok terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut:

Cara menambahkan filter Rotoscope

  1. Buka aplikasi TikTok di ponselmu
  2. Kemudian, ketuk ikon kaca pembesar untuk mulai mencari filter Rotoscope
  3. Di kolom pencarian, masukkan kata “Rotoscope”
  4. Di halaman pencarian pada bagian “Efek”, bakal muncul ikon dari filter Rotoscope
  5. Klik ikon tersebut, lalu pilih opsi “Tambahkan ke Favorit” untuk menambahkan filter Rotoscope
  6. Bila langsung ingin membuat video dengan filter Rotoscope tanpa menyimpannya di koleksi, bisa klik opsi “Coba efek ini”
  7. Setelah ditambahkan ke koleksi filter, klik ikon tambah untuk mulai membuat video
  8. Setelah kamera TikTok terbuka, klik opsi “Efek” dan pilih opsi “Favorit” untuk menggunakan filter Rotoscope yang tadi telah ditambahkan dan disimpan.

Cara di atas dijajal pada aplikasi TikTok di iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4. Beda versi sistem operasi, mungkin beda juga letak opsinya. Itulah cara menambahkan filter Rotoscope di TikTok.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm