Kondisi Terkini Bandara SMB II Palembang di Ramadhan 1443 H

9 April 2022 11:12 WIB
Kedatangan Wisman Di Bandara Ngurah Rai - Bali Kembali Kedatangan Wisman, Akhir Bulan Maret Giliran Penerbangan Emirates dan Qatar Tiba
Kedatangan Wisman Di Bandara Ngurah Rai - Bali Kembali Kedatangan Wisman, Akhir Bulan Maret Giliran Penerbangan Emirates dan Qatar Tiba ( Tribun Bali)

Palembang, Sonora.ID - Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto kepada Sonora (08/04/2022) mengatakan jumlah penumpang di masa pandemic berfluktuasi apalagi ada kebijakan baru Permenhub no.36 tahun 2022, berlaku mulai 5 April 2022.

Calon penumpang pesawat harus vaksin tiga kali. Bila hanya vaksin 1 maka harus test PCR dan berlaku 3X24 jam, atau vaksin ke-2 maka harus test antigen, berlaku 1x24 jam atau PCR 3x24 jam, untuk anak-anak cukup didampingi oleh orang tua.

“ Pandemi, masyarakat sudah terbiasa dengan kondisi covid. Load factor penerbangan bagus, full, kapasitas tempat duduk terisi 90 hingga 100%, hanya karena keterbatasan pesawat udara, tidak bisa melayani rute sebanyak seperti sebelum pandemic,” ujarnya.

Saat ini pergerakan pesawat dalam satu hari berkisar 17 hingga 18 pesawat dan maksimal 23 hingga 24 pesawat perhari. Maskapai yang beroperasi antara lain Lion Grup, City Link, Sriwijaya Air, Nam Air, Garuda Indonesia, serta Susi Air.

PT. Angkasa Pura II berkolaborasi dengan seluruh stake holder yang ada di bandara SMB II seperti TNI/Polri, KKP untuk menyiapkan posko siaga Lebaran yang akan berlangsung mulai dari 25 April hingga 10 Mei 2022.

Baca Juga: Buru Paket Sembako Murah, Warga Palembang Rela Antre Panjang

Aspek safety penerbangan menjadi prioritas utama. PT Angkasa Pura II Memastikan marka-marka agar terlihat oleh pilot, memotong rumput di sekitar landasan terbang, memastikan tidak ada genangan air di landasan terbang, pengerahan anjing pelacak serta pembagian tugas seluruh stake holder dalam mensukseskan angkutan Lebaran 2022.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, saat ini lantai 3 dijadikan ruang tunggu penumpang, biasanya untuk Jemaah umroh.

Fasilitas lain yang disediakan oleh PT. Angkasa Pura II adalah menyediakan game station agar penumpang tidak bosan, fasilitas UMKM di ruang tunggu dan di air port plaza, juga menyediakan handsanitizer serta penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah operasional.

“ Penumpang diharapkan sudah ada di Bandara satu jam atau 2 jam sebelum keberangkatan. Penumpang juga diharapkan mendownload system ehac dan menyiapakan persyaratan kesehatan untuk terbang. Petugas KKP siap membantu dan memberikan release apabila mengalami kendala. Jangan lupa calon penumpang memakai masker dan handsanitizer,” ujarnya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm