Kunjungan Kerja ke Kayong Utara, Bupati Karolin Margret Natasa Belajar Budi Daya Kopi

23 April 2022 10:55 WIB
Bupati Landak bersama rombongan mengunjungi sentra pengolahan kopi liberika Kayong Utara yakni di Kelompok Tani Kopi Cahaya Kayong Seponti.
Bupati Landak bersama rombongan mengunjungi sentra pengolahan kopi liberika Kayong Utara yakni di Kelompok Tani Kopi Cahaya Kayong Seponti. ( Media Center Bupati Landak)

Pontianak, Sonora.ID - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kayong Utara dalam rangka kaji terap budi daya, pengolahan dan pemasaran kopi rakyat di Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, pada Jumat (22/04).

Bupati Karolin didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Landak, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan
Perdagangan (Kumindag) Kabupaten Landak, Camat Air Besar, Kepala Cabang Bank Kalbar Ngabang, Kepala Desa dan Kelompok Tani di Kecamatan Air Besar.

Bupati Landak bersama rombongan mengunjungi ke sentra pengolahan kopi liberika Kayong Utara
yakni di Kelompok Tani Kopi Cahaya Kayong Seponti dengan melihat langsung kebun kopi di Dusun Sidorejo dengan melihat proses produksi kopi kelompok tani Cahaya Kayong Seponti yang diterima langsung Camat Seponti, Kapolsek Seponti, Kepala Desa Podorukun, Kelompok Tani Kopi Cahaya Kayong Seponti serta Pendamping Petani Kopi dari Kopi Kojal Indonesia.

“Saat kami menjabat sebagai Bupati, kami melakukan pemetaan potensi pertanian dan perkebunan seperti padi, jagung, sawit, lada dan seterusnya. Sampailah pada komoditas apalagi yang harus dikembangkan di Kabupaten Landak,” ucap Karolin.

Bupati Karolin menjelaskan bahwa pentingnya diversifikasi pertanian merupakan hal sangat penting dilakukan, karena tidak mengharapkan komoditas tunggal saja.

“Sehingga para petani kita itu memiliki alternatif, tidak hanya mengandalkan satu komoditas saja.
Hal ini kita melakukan kunjungan kerja untuk melihat potensi kopi yang bisa dikembangkan di
Kabupaten Landak serta bisa belajar budi daya kopi disini, karena saya sudah memberikan bibit kopi di 3 desa yakni Desa Tengon, Desa Sempatung dan Desa Bentiang,” ungkap Karolin.

Pendamping Petani dari Kojal Kopi Indonesia, Gusti Iwan Darmawan mengatakan bahwa kopi
menjadi salah satu komoditas yang cukup diminati masyarakat baik di Indonesia maupun diluar
negeri, tergantung pada jenis kopi yang cocok untuk tumbuh di wilayah tersebut.

“Berkebun kopi itu gampang sekali asalkan punya kemauan saja, dan yang terpenting di Kabupaten Landak ada jenis kopi atau varietas kopi khas Landak yang bisa kita dikembangkan bersama. Perlu diketahui dalam satu bulan kurang lebih 36 ton kopi masuk ke Kalimantan Barat, untuk itu dengan besarnya kebutuhan tersebut kita harus bisa memproduksi kopi yang berkualitas,” terang Iwa.

Baca Juga: Langkah Awal saat Divonis Diabetes, Langsung Berhenti Minum Kopi!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm