18 Titik Kemacetan di Jalan Solo-Jogja, Diprediksi Peningkatan Kendaraan Drastis

26 April 2022 17:55 WIB
18 Titik Kemacetan di Jalan Solo-Jogja, Diprediksi Peningkatan Kendaraan Drastis
18 Titik Kemacetan di Jalan Solo-Jogja, Diprediksi Peningkatan Kendaraan Drastis ( Kompas.com)

Solo, Sonora.ID – Kurang dari sepekan Lebaran 2022 akan dilaksanakan. Arus mudik sudah dimulai oleh para pemudik yang bakal pulang kampung.

Salah satu jalan yang rawan kemacetan yakni jalan Solo-Jogja, diprediksi jumlah kendaraanya yang melintasi akan meningkat secara drastis, dan bakal mengakibatkan kemacetan.

Antisipasi padatnya kendaraan ini sudah dilakukan oleh Polres Klaten, pihaknya menyiapkan beberapa skenario untuk atasi kemacetan yang timbul saat mudik Lebaran 2022 ini.

AKP Muhammad Fadhlan, Kasat Lantas Polres Klaten mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan pembatas jalan untuk menutup celah di median jalan yang biasa digunakan untuk putar balik kendaraan.

“Ada 18 titik (Jalan Solo-Jogja) yang kita letakkan (water barrier), ada 10 titik di sebelah timur Masjid Al-Aqhso dan 8 di sebelah barat dari Tegalyoso ke Prambanan,” ujar Kasat Lantas Polres Klaten.

Fadhlan mengatakan bahwa, penutupan di 18 titik tersebut sekarang belum dilakukan, dan akan ditutup melihat situasi yang terjadi.

Penutupan ini selain untuk mengurangi titik kemacetan, juga untuk mengurangi titik rawan kecelakaan di Kabupaten Klaten.

Baca Juga: Atasi Kemacetan, Rel Layang Di Simpang Joglo Solo Siap Dibangun

“Kemarin beberapa titik sudah kita pasang, untuk memberi himbauan kepada masyarakat. Khususnya di titik rawan kecelakaan kita pasang beberapa banner himbauan untuk mengatur kecepatan dan menjaga jarak antar kendaraan,” jelas Fadhlan.

Terpantau jalan di wilayah Klaten sudah mengalami peningkatan kendaraan, namun belum menimbulkan kemacetan dan diperkirakan H-4 Lebaran akan terjadi lonjakan yang cukup signifikan.

“Karena mulai kamis sudah libur dan cuti bersama, otomatis rabu kendaraan arah dari Jakarta sudah mulai bergerak dan diperkirakan 1 hari setelahnya kendaraan tersebut akan masuk ke wilayah Klaten,” tambah Fadhlan.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut Satlantas Polres Klaten telah memetakan titik rawan kemacetan dan menyiapkan tim urai yang juga akan dibantu Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten.

Fadhlan juga menghimbau masyarakat yang melewati jalan raya agar tetap berhati-hati dan jangan lupa mematuhi rambu lalu lintas yang ada, untuk keselamatan bersama.

Karena arus mudik Lebaran ini, volume kendaraan yang naik signifikan, dan bisa berpotensi kecelakaan jika tidak bijak dalam berkendara terutama di titik rawan kecelakaan.

Baca Juga: Macet Total! Truk Pengangkut Roti Kecelakaan Di Tol Semarang-Solo

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm