20 Inspirasi Ucapan Permohonan Maaf Lebaran yang Tulus dan Menyentuh Hati

2 Mei 2022 13:10 WIB
Inspirasi Ucapan Permohonan Maaf Lebaran yang Tulus dan Menyentuh Hati
Inspirasi Ucapan Permohonan Maaf Lebaran yang Tulus dan Menyentuh Hati ( Freepik)

Sonora.ID – Tak terasa Bulan Suci Ramadan sudah pergi meninggalkan kita.

Setelah satu bulan lamanya kita menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, hari ini seluruh umat muslim merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri.

Idulfitri mengandung makna fitrah atau kembali suci yang berarti keadaan suci seperti bayi yang baru lahir.

Nah, biasanya saat sedang bersilaturahmi, kalimat minal aidzin wal faidzin santer terdengar yang kemudian diiringi dengan kalimat “mohon maaf lahir dan batin.”

Artinya, "Semoga Allah menjadikan kita kembali ke fitrah dan orang yang memperolah kemenangan."

Baca Juga: 13 Kata Bijak yang Cocok untuk Ucapan Selamat Lebaran, Menyentuh!

Bersihkan hati bersihkan pikiran sambung silaturahmi semoga kita masuk kepada golongan orang-orang yang mendapatkan berkah kemuliaan Ramadan.

Disengaja atau tidak, terkadang ada perkataan atau perbuatan kita yang mungkin menyakiti hati seseorang.

Oleh karena itu Idul Fitri juga kerap menjadi momentum untuk menyambung tali persaudaraan sesama umat.

Makanya lebaran sangat identik dengan tradisi bermaaf-maafan, karena untuk kembali ke suci kita juga harus membersihkan hati dari benci, iri, dengki dan bersih dari dosa dan kemaksiatan.

Berikut beberapa ucapan permohonan maaf lebaran yang tulus dan menyentuh hati yang bisa kalian kirimkan atau ucapkan kepada orangtua, pasangan, teman, dan keluarga besar.

  • Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan batin.
  • Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta. Ada tingkah menoreh luka, mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1443 H.
  • Hatimu sejernih air. Maafmu seluas samudera. Banyak kesalahan dan dosaku yang menyakiti hati, untuk ke sekian kalinya, aku meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan diri ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri.
  • Segala salah dan keliru kami mohon dimaafkan. Hari yang fitri ini akan kami jadikan momentum untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik dan pekerja keras. Selamat Idul Fitri 1443 H.
  • Maafkanlah segala salah dan khilafku. Sungguh aku tidak ingin kita menjadi jauh. Mari kita menjaga tali silarurahmi ini. Taqaballahu mina wa minkum.
  • Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin.
  • Meski wajah tak dapat berjumpa. Tangan tak bisa saling menjabat. Semoga coretan kata ini dapat menjadi jembatan di hari penuh kemenangan ini. Minal Aidzin Wal Fa’idzin, mohon maaf lahir dan batin.
  • Berbuat khilaf adalah sifat, meminta maaf adalah kewajiban, dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Harta paling berharga adalah sabar. Teman paling setiap adalah amal. Ibadah paling indah adalah ikhlas. Identitas paling tinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf atas khilaf dan salah.
  • Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf, agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Baca Juga: 20 Kumpulan Pantun Lebaran Lucu 2022, Cocok untuk Caption WA

  • Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Terkadang, ego menguasai diri hingga menyakiti perasaan orang lain. Untuk hatimu yang tak sengaja pernah ku sakiti, aku meminta maaf lahir dan batin.
  • Di hari yang fitri ini, semoga piring hatimu penuh dengan ketupat kegembiraan dengan kesehatan dan kenikmatan, serta saus cinta dan kasih sayang. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Tak ada gading yang tak retak. Tak ada luka yang tak koyak. Tak ada kata yang bisa aku ucapkan selain permintaan maaf. Mohon maaf lahir dan batin untuk cintaku di hari yang fitri ini.
  • Lidahku kadang tajam dan lakuku mungkin runyam. Untuk perasaan yang hancu karena dua itu, aku minta maaf padamu. Semoga pintu maafmu selalu terbuka lebar untukku.
  • Ketika khilaf berlabuh di jiwa akal pun terombang-ambing, kesalahan koyakkan hati, pikiran beku dalam nafsu dan emosi. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin.
  • Setiap jiwa kembali suci di momen Lebaran. Semoga kita termasuk orang yang dapat menerima untaian kata maaf dari segala hal yang menyakitkan.
  • Takbir telah menggema pertanda hari kemenangan telah tiba. Untuk itu, izinkan saya meminta maaf atas segala khilaf yang pernah terbuat.
  • Hari ini kurendahkan diriku, kulupakan kesombonganku, kutundukkan kepalaku, lalu ku-duduk terpaku di depan jendela hatimu, menanti pintu maafku, terbuka untukku. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Dalam keikhlasan hati, ada kesucian budi. Dalam lautan dosa, ada setetes ampunan. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  • Mohon maaf lahir dan batin, semoga kamu selalu tersenyum, tertawa, dan sukses untukmu di hari Idul Fitri ini. Memiliki hari Idul Fitri yang indah. Selamat Lebaran.

Baca Juga: 5 Menit Mateng! Cuma Modal Air Es Ketupat Lebaran Jadi Pulen, Gurih dan Nggak Boros Gas!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm