UMKM Cirebon Go Online dengan Digitalisasi Layanan Aplikasi My Sooltan

27 Juni 2022 14:05 WIB
Dok. Telkom Jabar/Kegiatan Pasar Rakyat dan UMKM, Jumat (3/6/2022)
Dok. Telkom Jabar/Kegiatan Pasar Rakyat dan UMKM, Jumat (3/6/2022) ( )
 
Cirebon, Sonora.ID - Dalam sebuah kegiatan Pasar Rakyat dan UMKM BUMN yang berlangsung di tiga lokasi yaitu di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan, Jumat (3/6/2022) lalu, menjadi momen berharga bagi UMKM Cirebon untuk meningkatkan penjualan serta memperkenalkan produknya kepada masyarakat.
 
Dalam siaran pers PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Jawa Barat (Jabar) yang diterima Sonora Bandung, Senin (27/6/2022), disebutkan, saat kegiatan Pasar Rakyat tersebut hadir mendampingi Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, yaitu Executive Vice President PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Jabar Syaifudin, dan General Manager (GM) Witel Cirebon Ferry Zuljanna.
 
Dalam kunjungannya, Arya mengatakan, bahwa peningkatan UMKM harus sesegera mungkin dimulai, semisal pelatihan digital agar UMKM bisa go online.
 
"UMKM harus bangkit, menuju pada digitalisasi. Untuk itu PT Telkom Indonesia ditunjuk untuk memberikan pelatihan digital bagi para UMKM terkait bagaimana cara memaksimalkan penggunaan aplikasi agar UMKM go online," ucap Arya, seperti dikutip dari siaran pers tersebut.
 
Disebutkan, melalui kegiatan tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Jabar mendukung UMKM di Cirebon naik kelas dengan menginisiasi digitalisasi melalui aplikasi My Sooltan.
 
"UMKM di Cirebon harus naik kelas. Untuk itu hadir aplikasi ini. Kami juga melakukan upgrade metode pembayaran pelaku UMKM setempat. Aplikasi ini memungkinkan para UMKM untuk menerima pembayaran secara non-tunai dengan memanfaatkan QR Code," ucap Syaifudin.
 
"Selain untuk meningkatkan daya saing, upaya ini juga untuk meningkatkan resiliensi UMKM terhadap dampak penyebaran Covid-19. Sebagaimana yang terjadi di lapangan, UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terkena dampak pandemi," papar Syaifudin.
 
 
Menurutnya, kegiatan bisa meningkatkan denyut perekonomian yang sempat melemah semenjak pandemi berlangsung. 
 
“Kegiatan ini tentunya hadir sebagai bentuk sinergi BUMN untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM daerah,” tegasnya.
 
Dalam siaran pers tersebut juga diinformasikan, bahwa Telkom Indonesia juga melakukan "upscaling" para UMKM dengan memperkenalkan aplikasi alat transaksi UMKM Go Online yaitu My Sooltan yang dilengkapi metode pembayaran digital QR Code yang sangat memudahkan proses pembayaran.
 
Selain itu, Telkom Indonesia juga membantu mensejahterakan UMKM dengan menghadirkan akses IndiHome sebagai internetnya Indonesia di seluruh wilayah Jawa Barat. 
 
“Harapan saya TelkomGroup bisa menjadi partner teman-teman UMKM untuk bisa maju melalui berbagai produk-produk yang kami hadirkan”, tutup Syaifudin.
 
Sementara itu, Ferry Zuljanna mengatakan dukungan terhadap UMKM akan berkelanjutan. 
 
“Kami juga memiliki beberapa program khusus dan produk yang memang ditujukan bagi para pelaku UMKM. Tujuannya adalah untuk mempermudah pertumbuhan UMKM di Cirebon khususnya,” ucap Ferry.
 
Pasar Rakyat dan UMKM di Cirebon tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi AKHLAK yang menjadi nilai utama Telkom Indonesia sebagai perusahaan naungan BUMN. 
 
Dengan merangkul UMKM, Telkom ingin senantiasa bersikap amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Tentunya keenam komponen nilai tersebut sudah terangkum menjadi satu dalam kegiatan ini.
 
Pada kesempatan ini pula beberapa mitra UMKM menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan BUMN untuk keberlangsungan usaha mereka, salah satunya Telkom Indonesia. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja pelaku UMKM.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm