Tak Hanya Bupati Mempawah yang Beri Apresiasi, Gubernur Juga Berikan Bonus Terkait Atlet Mempawah karena Taat Prokes

1 Juli 2022 11:05 WIB
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji ( Prokopim Mempawah )

Sonora.ID - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022 resmi digelar. Dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji di Gor Pangsuma Pontianak, Rabu pagi (29/06/2022).

Kadis Porapar Provinsi Kalimantan Barat Windy Prihastari dalam laporannya menyampaikan Popda Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022 digelar pada tanggal 29 Juni hingga 3 Juli 2022 yang dipusatkan di Kota Pontianak. Total keseluruhan atlet dan wasit pada POPDA Kalbar berjumlah 614 orang yang terdiri dari 14 kabupaten/kota yang akan bertanding pada 7 cabang olahraga.

Khusus Kabupaten Mempawah jumlah atlet dan pelatih pada POPDA Kalbar berjumlah 66 orang yang terdiri dari 56 atlet dan 10 orang pelatih yang akan bertanding pada 6 cabang olahraga.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berharap para atlet bisa jujur dan disiplin dalam bertanding, misalnya dengan disiplin dalam penggunaan masker.

“Ketika aktivitas bertanding boleh tidak pakai masker, tetapi untuk pendukung harus tetap pakai masker. Disiplin itu tetap karena pandemi ini belum berakhir,” ucapnya.

Ia mengapresiasi kepada beberapa kabupaten yang masih disiplin dalam penggunaan masker, kabupaten tersebut adalah Mempawah, Bengkayang, dan Landak.

“Saya lihat tadi sudah cukup bagus. Mempawah, Bengkayang, Landak hampir semua menggunakan masker. Secara keseluruhan mereka sudah disiplin menggunakan masker,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat Lewat Klinik Inovasi Bersama ‘Kite Bise’

Ia menyampaikan, selain memberikan dukungan moril kepada kontingen Kabupaten yang berlaga di POPDA, juga akan diberikan bonus uang tunai kepada mereka.

“Sebagai salah satu bentuk motivasi dan reward awal dari pemerintah daerah, Bupati akan memberikan sebesar 10 juta rupiah, jadi totalnya 25 juta rupiah. Dari Bupati 10 juta, dari Wakil Gubernur Kalbar 10 juta serta dari Gubernur Kalbar 5 juta rupiah. Dan nantinya ada bonus lain apabila mendapatkan gelar juara” ungkapnya.

Karena hal tersebut, Gubernur Kalbar Sutarmidji memberikan apresiasi bonus sebesar 5 juta rupiah kepada kontingen Kabupaten Mempawah yang dinilainya paling taat dalam penerapan protokol kesehatan.

Sutarmidji juga meminta para atlet tidak mengedepankan emosi untuk menghindari perkelahian. Ia menegaskan, jika ada tim yang ditemukan berkelahi saat pertandingan, maka kedua tim tersebut akan didiskualifikasi.

“Saya minta para atlet ini dalam bertanding bisa jujur, disiplin, jangan berkelahi. Kelahi itu cukup di ring tinju saja. Jangan bertanding sepak bola jadi tanding tinju. Kalau terjadi perkelahian, saya minta kepada wasit tegas. Kedua tim mau siapa yang salah siapa yang benar, harus didiskualifikasi,” tegasnya.

Baca Juga: Sosialisasi Pemberian Makan Bayi dan Anak, Upaya AIMI Kalbar Tanggulangi Stunting

Ia menyampaikan, POPDA selain untuk mencari bibit atlet yang berprestasi, juga untuk menjaga kejujuran dan disiplin dari atlet.

“Itu tujuan utamanya, bukan hanya tanding saja. Saya minta ini betul-betul diperhatikan, sehingga penyelenggaraan ini tidak sia-sia,” ingatnya.

Ia yakin, setelah POPDA ini berakhir akan melahirkan atlet yang jujur, disiplin, dan memiliki skill yang mampu berkancah di ajang nasional maupun internasional.

Di tempat yang sama, Bupati Mempawah Erlina yang turut hadir pada acara pembukaan meminta kepada kontingen Kabupaten Mempawah untuk mempersiapkan diri dan fokus dalam berlomba sehingga nantinya dapat meraih juara dan mengharumkan nama daerah.

“Harapan besar saya adalah Kabupaten Mempawah menjadi juara umum, tetapi saya tidak memberikan penekanan kepada atlet-atlet kami yang ikut pada POPDA Tahun 2022 ini, tetapi bagaimanapun nantinya dapat meraih hasil yang maksimal,” jelasnyanya.

Selain itu, Erlina juga berharap kontingen kabupaten dapat menjadi unggulan pada POPDA Kalbar Tahun 2022 sehingga nantinya dapat berpartisipasi pada tingkat nasional.

“Yang saya harapkan sekarang sebagai kepala daerah adalah Kabupaten Mempawah dapat menjadi unggulan, karena kita ketahui bahwa Kabupaten Mempawah ini adalah salah satu daerah yang bisa dikatakan sering ikut ajang nasional maupun internasional serta memdapatkan kemenangan,” ujarnya yakin.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm