Dukung Peningkatan Taraf Ekonomi, PLN Adakan Pelatihan untuk Petani Kompas di Sintang

11 Agustus 2022 11:25 WIB
PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) juga mendukung peningkatan taraf perekonomian masyaraka
PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) juga mendukung peningkatan taraf perekonomian masyaraka ( PLN UIP KLB)

Sintang, Sonora.ID  – Dalam melakukan tugasnya untuk melistriki negeri, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) juga mendukung peningkatan taraf perekonomian masyarakat, salah satunya para petani di Kabupaten Sintang.

PLN UIP KLB menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli kepada Komunitas Petani Milenial Sintang (KOMPAS) yang berlokasi di Desa Kunyai, Kecamatan Sungai Tebelian. 

Bantuan pelatihan pemasaran dan pengemasan produk untuk KOMPAS ini diadakan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi para petani yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan mereka atas hasil bumi yang telah dipanen. 

Pada bulan Juni lalu, PLN telah menyalurkan bantuan berbagai fasilitas penunjang electrifying agriculture berupa green house hidroponik dan berbagai peralatan pemasaran, antara lain mesin pengemas sayuran dan ikan, mesin pencetak logo, lemari showcase, dan berbagai alat lainnya.

Baca Juga: Optimalisasi Peran Petugas Yantek Upaya PLN UP3 Sanggau Tingkatkan Kualitas Layanan Kelistrikan

Materi pelatihan disampaikan oleh penyuluh dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Armyarsih. 

Ia mengatakan, saat ini mayoritas petani di Sintang masih bercocok tanam menggunakan media konvensional tanah dan belum banyak yang menggeluti hidroponik. 

Padahal hasil panen yang diperoleh dihargai lebih tinggi dibanding hasil panen konvensional.

“Media hidroponik dapat menghasilkan panen lebih cepat, sehat, dan jauh lebih bersih. Selain itu perawatan harian tidak bergantung kepada musim dan cuaca sehingga lebih menguntungkan. Terlebih dengan adanya green house yang telah dibangun oleh PLN ini, tentu lebih membantu para petani untuk meningkatkan hasil panen,” jelas Armyarsih. 

Baca Juga: Dapat Bantuan Bohlam, Petani Buah Naga di Sinjai Untung Besar

Halaman Berikutnya
PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm