8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat beserta Strukturnya

Diperbaharui 2 Desember 2022 17:03 WIB
Ilustrasi  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat beserta Strukturnya
Ilustrasi Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat beserta Strukturnya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Seakan dilatih dari bangku sekolah untuk membuat laporan dan skripsi, salah satu materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah tentang jenis-jenis teks atau paragraf, termasuk salah satu di dalamnya adalah teks laporan hasil observasi.

Seperti namanya, teks laporan hasil observasi atau LHO adalah tulisan yang isinya berupa penjelasan hasil pengamatan atau observasi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, observasi adalah peninjauan secara cermat atau cara untuk membantu mengembangkan imajinasi aktor.

Sedangkan laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan atau diberi tahu, atau bisa juga adalah sebuah berita.

Sehingga, laporan observasi adalah laporan yang isinya merupakan hasil dari peninjauan secara cermat.

Agar mudah dipahami, ada struktur di dalam teks laporan hasil observasi ini, yaitu:

  1. Pernyataan umum
  2. Deskripsi bagian
  3. Deskripsi manfaat
  4. Kesimpulan (beberapa teks laporan hasil observasi tidak menyertakan bagian yang satu ini)

Berikut ini adalah 8 contoh teks laporan hasil observasi singkat beserta strukturnya.

  • Jeruk

(Pernyataan umum) Jeruk merupakan buah yang termasuk ke dalam spesies citrus. Buah jeruk sendiri berasal dari daerah Cina Selatan, India, dan Myanmar. Saat ini, tumbuhan jeruk merupakan tumbuhan yang paling banyak dibudidayakan.

Brazil merupakan produsen terbesar dari buah jeruk diikuti oleh Cina dan India. Konsumsi jeruk yang tinggi di berbagai belahan dunia juga mendorong terhadap produksinya yang semakin naik dari tahun ke tahun.

(Deskripsi bagian) Jeruk sendiri memiliki banyak jenis dan setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri. Ada buah jeruk yang memiliki segmen yang bisa dipisahkan, namun ada juga yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun awalnya berasal dari negara-negara Asia, pada perkembangannya sekarang, jeruk sudah dibudidayakan di seluruh penjuru dunia karena permintaannya yang sangat tinggi.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm