23 Contoh Teks Deskripsi tentang Alam, Materi Kelas 7 atau 1 SMP

23 Agustus 2022 11:00 WIB
Ilustrasi Contoh Teks Deskripsi tentang Alam, Materi Kelas 7 atau 1 SMP
Ilustrasi Contoh Teks Deskripsi tentang Alam, Materi Kelas 7 atau 1 SMP ( Freepik.com)

Sonora.ID - Seperti namanya, teks deskripsi bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara detail objek yang menjadi judul dalam teks tersebut atau peristiwa yang memang akan dijelaskan di dalam teks atau paragraf tersebut.

Dikutip dari buku ‘Keterampilan Menulis’ yang ditulis oleh H. Dalman, karangan deskripsi adalah karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek atau peristiwa tertentu dengan kata secara jelas dan terperinci.

Dengan demikian, orang yang membaca teks tersebut bisa mengerti apa yang digambarkan oleh sang penulis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 23 contoh teks deskripsi tentang alam, materi Bahasa Indonesia kelas 7.

Keindahan alam pantai di Bengkulu menyuguhkan pemandangan yang langsung menghadap ke laut lepas, Samudera Hindia. Tentunya wisata satu ini dapat dijadikan tujuan ketika menginjakkan kaki di Provinsi Bengkulu.

Pantai dengan pesona alam nan indah itu terletak di Desa Tepi Laut, Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara. Berjarak sekira 28 Kilometer, dari Kota Bengkulu, dengan estimasi perjalanan tidak kurang dari 45 menit.   

  • Contoh teks deskripsi tentang alam 2

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan wisata alam favorit di Jawa Timur. Letaknya di antara empat kabupaten, yaitu Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, dan Malang, dengan ketinggian sekitar 2.329 meter. Terdapat kawah di tengah gunung ini. Untuk mendaki gunung dan melihat kawah, pengunjung harus melalui padang pasir. Bila siang hari, cuaca akan terik namun udaranya tetap dingin. Pasir sering berterbangan, ketika ada angin kencang. Namun bila pada subuh atau pagi hari udaranya sangat dingin.

Baca Juga: 11 Contoh Teks Laporan Percobaan Singkat beserta Strukturnya

  • Contoh teks deskripsi tentang alam 3

Obyek wisata teras kaca ini merupakan salah satu obyek wisata yang unik dan nge-hits, obyek wisata ini berada di Pantai Nguluran Padukuhan Bolang, Kelurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul yang saat ini menjadi buruan para selebgram dari berbagai wilayah. Agar bisa berwisata masuk ke tempat wisata ini, pengunjung dapat membeli tiket Rp 15 ribu belum termasuk masuk ke spot foto. 

  • Contoh teks deskripsi tentang alam 4

Perkebunan di daerah Lembang sangat asri. Ada kebun stroberi, brokoli, asparagus, teh, tomat, dan sayuran lainnya. Udaranya sejuk. Akses menuju ke sana jalannya berliku dan menanjak. Namun di sepanjang jalan, kita dapat melihat pohon-pohon dan perbukitan. Bila beruntung, kita bisa melihat monyet bergelantungan di pohon.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm