Rumah Dinas Bupati Karanganyar Direnovasi, Habiskan Anggaran Rp 16 Miliar dari APBD

26 Agustus 2022 18:25 WIB
Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar
Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar ( Tribun Jateng)

 

 

Karanganyar, Sonora.ID - Renovasi rumah dinas Bupati Karangayar sedang dilakukan. Kali ini bagian pendopo yang akan dilakukan pembongkaran.

Dilansir dari Tribun Solo, kini pendopo rumah dinas Bupati Karanganyar sudah dikosongkan. Alat-alat seperti gamelan, lukisan, dan benda lainnya sudah dipindahkan.

Dalam renovasi kali ini, bagian atap pendopo rencananya akan dibangun seperti mahkota milik Raden Mas Said, Raja Mangkunegara I.

Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Karanganyar Miko Aditya menjelaskan alasan pihaknya membangun pendopo layaknya mahkota Raden Mas Said. Hal itu karena Raden Mas Said merupakan simbol Kabupaten Karanganyar.

"Mangkunegara I itu merupakan simbol dari Kabupaten Karanganyar, maka nanti pendopo ini akan dibangun atapnya seperti mahkota Raden Mas Said," jelas Miko, Selasa (23/8/2022).

Miko mengungkapkan, anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan ulang Pendopo tersebut sekitar Rp 16 miliar. Anggaran tersebut berasal dari penetapan APBD Perubahan 2022 beberapa waktu lalu.

"Rancangan awal sekitar Rp16 Miliar, namun ini masih kita perjuangkan, karena masih menunggu hasil lelang di LPSE," ungkap Miko.

 Baca Juga: Mayat Mengapung Di Sungai Siwaluh Karanganyar Gegerkan Warga

Seperti yang telah diketahui, pembangunan pendopo ini merupakan pembangunan tahap kedua. Sebelumnya, Pemkab Karanganyar melakukan pembangunan rumah dinas bupati dengan anggaran Rp 6,5 miliar, dan saat ini proses pembangunan masih berjalan.

Miko menuturkan pembongkaran Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar dimaksudkan untuk menginventarisasi barang-barang yang bisa diselamatkan sebelum dilakukan penghapusan aset.

"Proses inventarisasi barang mulai Senin, semua aset kita di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar kita inventarisasi," ujar Miko.

Dalam proses inventarisasi, sebelumnya akan dicek barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan yang kemudian dipindahkan sementara di tempat lain. Sementara itu, untuk barang lainnya, akan disimpan sampai renovasi selesai.

"Pembangunan pendopo baru akan dimulai, semua peralatan dipindahkan, " ungkap Miko.

Sementara itu, kegiatan yang sedianya digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar akan dipindahkan ke sejumlah lokasi. Salah satunya Aula Disdikbud Karanganyar ataupun memanfaatkan ruang rapat yang ada di Kantor Bupati Karanganyar.

"Terkait kegiatan kedinasan akan diselenggarakan ke lokasi lain milik Pemkab Karanganyar," ujar Miko.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm