5 Contoh Personal Letter Bahasa Inggris dan Artinya, Dilengkapi Struktur

2 September 2022 13:30 WIB
Ilustrasi contoh personal letter dalam bahasa Inggris dan artinya.
Ilustrasi contoh personal letter dalam bahasa Inggris dan artinya. ( Pixabay/Petra)

Sonora.ID - Personal letter secara harfiah berarti surat pribadi. Sesuai namanya, personal letter ini adalah surat yang isinya mengarah pada kepentingan pribadi dan umumnya ditujukan pada teman atau keluarga.

Kamu dapat lebih memahaminya apabila telah melihat contoh personal letter bahasa Inggris dan artinya meski terdapat struktur tertentu yang tidak boleh dilewatkan.

Struktur ini sebenarnya berupa hal-hal yang harus ada di dalam personal letter. Dilansir dari buku Menghadapi Ujian Nasional 2010: Bahasa Inggris SMP, berikut selengkapnya.

  • Place and date of writing (Tempat dan tanggal penulisan)
  • Salutation (Sapaan)
  • Introduction (Perkenalan)
  • Content (Isi)
  • Closing (Penutup)
  • Sender (Nama pengirim)

Baca Juga: 4 Contoh Application Letter Bahasa Inggris Buat Fresh Graduate Hingga Berpengalaman

Setelah mengetahui strukturnya, simak contoh personal letter bahasa Inggris dan artinya berikut ini.

1. Contoh Hari Kemerdekaan

Sleman, 14 August 2022

Dear Irfan,

I am very glad to write this letter to you. How is your school? Here in Sleman, we are preparing for the Independence Day celebrations. So everybody is very busy.

First, we are going to have some sports competition. There will be soccer and volley ball, I'm going to play in both. The winning team will receive a goat as a prize.

Then, we are going to have a wayang show on the night before the Independence Day. The dalang will be a famous one from Yogyakarta. He will perform all night long. Have you ever seen a wayang show? It is very entertaining!

In the end, I'm going to attend a flag raising ceremony at school on Independence Day. After that, we will give out prizes for the competition winners.

What are your plans for the Independence Day celebrations? Please write back and tell me.

Sincerely,
Joko.

Sumber: Menghadapi Ujian Nasional 2010: Bahasa Inggris SMP

Artinya:
Sleman, 14 Agustus 2022

Dear Irfan,

Aku sangat senang menulis surat ini kepadamu. Bagaimana dengan sekolahmu? Di sini, di Sleman, kami sedang mempersiapkan perayaan Hari Kemerdekaan. Jadi semua orang sangat sibuk.

Pertama, kami akan mengadakan beberapa kompetisi olahraga. Akan ada sepak bola dan bola voli, aku akan bermain di keduanya. Tim pemenang akan menerima seekor kambing sebagai hadiah.

Kemudian, kami akan memiliki pertunjukan wayang pada malam sebelum Hari Kemerdekaan. Dalangnya adalah salah satu dalang terkenal dari Yogyakarta. Dia akan tampil sepanjang malam. Pernahkah Anda melihat pertunjukan wayang? Itu sangat menghibur!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm