8 Contoh Cerita Fantasi Pendek beserta Strukturnya, Lengkap!

Diperbaharui 22 Desember 2022 13:13 WIB
Ilustrasi Contoh Cerita Fantasi Pendek beserta Strukturnya
Ilustrasi Contoh Cerita Fantasi Pendek beserta Strukturnya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Pencinta film pasti tidak asing dengan genre fantasi, pasalnya salah satu genre atau aliran film yang menjadi favorit banyak orang adalah kisah fantasi, jumlahnya pun terbilang banyak di industri film dunia.

Dikutip dari Gramedia.com, cerita fantasi adalah cerita yang menampilkan tokoh, alur, latar, dan tema yang derajat kebenarannya diragukan, baik menyangkut hampir seluruh maupun hanya sebagian ceritanya.

Cerita fantasi juga adalah sebuah karangan yang dibuat dengan daya imajinasi atau khayalan seseorang yang di dalamnya terdapat berbagai kisah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, fantasi adalah gambar atau bayangan dalam angan-angan, khayalan.

Biasanya cerita ini berisi khayalan sang penulis sehingga tidak ada orang yang bisa membatasi dan menilai benar atau salah dari cerita yang dibuat tersebut.

Karena tidak terbatas ide-ide unik, tak heran banyak orang yang suka dengan genre cerita atau film fantasi.

Salah satu cerita yang dipelajari saat duduk di bangku sekolah adalah cerita fantasi ini, salah satu contohnya adalah cerita legendaris Harry Potter.

Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini adalah struktur cerita fantasi:

  1. Orientasi. Pengenalan yang dimulai dari teman, tokoh, dan alur yang ditulis oleh pengarang.
  2. Konflik. Memunculkan suatu masalah yang merupakan inti dari jalannya cerita fantasi.
  3. Resolusi. Jalan keluar dari masalah yang ada.
  4. Ending. Akhir dari cerita, bisa bahagia atau sedih.

Baca Juga: 11 Contoh Cerita Fabel Singkat, Berisi Pesan Moral untuk Anak

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 8 contoh cerita fantasi pendek.

1. Istana Bulan

Hari ini adalah hari Minggu, hari di mana aku sedang libur sekolah, sehingga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Tepat di hari ini juga aku ingin bercerita tentang mimpiku semalam.

Aku berada di sebuah tempat yang tidak aku kenal, aku khawatir, aku bingung, aku cemas, dan sambil berkata, “aku ini ada di mana, orangtuaku tidak ke mana?” Ketika berada di sana, hanya ada satu jalan yang bisa ditempuh oleh setiap orang. Tanpa berlama-lama kau menyusuri jalan setapak itu.

Selama perjalanan banyak sekali pohon-pohon dan bunga-bunga indah yang menghiasi pinggiran jalan itu. Aku seperti mendapatkan udara segar ketika menyusuri jalan itu. Setelah sekian lama aku berjalan, akhirnya tibalah aku di sebuah istana yang sangat besar dan megah. Aku ingin masuk ke dalam istana itu dan melihat isi dari istana tersebut. Namun, apa boleh buat aku yang dari antah beranta tidak bisa masuk ke dalam istana itu.

Aku kembali menuju ke tempat awal aku berada dengan membawa rasa kecewa yang cukup besar. Dalam perjalanan pulang aku bertemu dengan seorang putri cantik, ia bernama Elizabeth. Kecantikan yang dimiliki oleh Elizabeth seperti bidadari dan tanpa berpikir panjang aku langsung bertanya, “saat ini aku berada di mana?” Elizabeth menjawab, “kamu sedang berada di halaman istana bulan.” Aku langsung terkejut mendengar jawaban dari Elizabeth.

Kemudian, jam alarm-ku berbunyi, sehingga aku terbangun dari mimpiku itu. Dari mimpi itulah aku selalu berpikir, “apakah istana bulan itu benar adanya?”

2. Penghapus Ajaib

Aku adalah seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang sering dikenal siswa yang selalu mendapatkan nilai-nilai pas-pasan. Aku juga tak tahu mengapa selalu mendapatkan nilai pas-pasan. Nilai-nilai pas-pasan yang aku miliki membuat diriku selalu berada di peringkat bawah.

Aku seperti selalu merasa kecewa karena selalu mendapatkan nilai yang tidak bisa memuaskan diriku dan orangtuaku. Padahal hampir setiap hari aku selalu belajar dan tidak lupa untuk mengerjakan PR.

Orangtuaku tidak pernah marah kepadaku ketika aku mendapatkan nilai yang jelek. Mereka selalu mendukung dan selalu berkata,”selama nilai yang kamu dapatkan berasal dari kejujuran kami tidak akan pernah marah dan kecewa”. Seperti ada suatu hal yang dapat membuat hatiku terasa sejuk, sehingga aku merasakan ketenangan yang belum pernah aku rasakan.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm