5 Sumber Kekayaan Putri Tanjung, Pebisnis Muda yang Jatuh Bangun Cari Modal Sampai Pernah Diusir!

13 September 2022 13:00 WIB
Sumber kekayaan Putri Tanjung (ilustrasi)
Sumber kekayaan Putri Tanjung (ilustrasi) ( Instagram @putri_tanjung)



Sonora.ID - Nama Putri Tanjung mungkin sudah tak asing lagi di kalangan anak muda Indonesia. Staf khusus Presiden Jokowi ini turut mengikuti jejak ayahnya yang juga seorang pengusaha, Chairul Tanjung. Banyak orang pun bertanya-tanya dari mana sumber kekayaan Putri Tanjung.

Sebagai anak sulung dari pengusaha kaya raya, tentu banyak orang berpikir hidup seorang Putri Tanjung amatlah mudah. Dia dianggap punya banyak privilege hingga bisa mendirikan perusahaan dan berkarir cemerlang di usianya yang sangat muda.

Namun di balik ‘cibiran’ tersebut, Putri Tanjung juga membuktikan bahwa dirinya adalah pekerja keras dan tidak berpangku tangan dengan kesuksesan sang ayah.

Putri Tanjung bahkan diangkat sebagai staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengurus sektor ekonomi kreatif, seperti bisnis yang dijalankannya.

Berikut beberapa sumber kekayaan Putri Tanjung terlepas dari nama besar CT.

Baca Juga: Luar Biasa! Ternyata Ini Sumber Kekayaan Bintang Emon, Komika yang Sering Sentil Kritik Lewat Jokes yang Dilontarkan di Medsos


1.CEO Creativepreneur, CBO of KREAVI dan CXO dari CT Corp

Di usianya yang masih 17 tahun, Putri Tanjung mendirikan Creativepreneur Event Creator.

Pada 2014 lalu, perusahaan yang bergerak di bidang kreator event ini didirikan karena pandangannya bahwa kebanyakan seminar bisnis yang ada terlalu serius dan kurang menyenangkan bagi anak muda.

Kesadaran itulah yang membuat lulusan Academy of Art University di San Fransisco, Amerika Serikat ini membuat Creativepreneur. Dia dan timnya ingin menghadirkan suatu event bergaya kasual namun tetap profesional dengan menghadirkan orang-orang kredibel di bidangnya.

Banyak orang beranggapan bahwa Putri Tanjung mendirikan bisnis tersebut dari modal orang tuanya. Padahal proses membangun bisnis tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan. Chairul Tanjung memberikan syarat saat Putri ingin berbisnis, yaitu tidak meminta modal darinya dan tidak mengajukan sponsor di perusahaan miliknya.

Karena hal itu, ia pun mengajukan sponsor dengan usahanya sendiri. Ia bahkan pernah diusir saat presentasi dan diremehkan karena usianya yang kala itu masih 17 tahun.

Selain mencari CEO Creativepreneur Event Creator, Putri Tanjung juga meraih pundi-pundi rupiah lantaran dirinya menjabat sebagai CBO of KREAVI dan CXO dari CT Corp.

Di Indonesia, rata-rata gaji dari seorang CEO adalah sekitar Rp 130 juta hingga Rp 250 juta per bulan. Namun berapa gaji Putri Tanjung di perusahaannya itu belum diketahui jumlah pastinya.


2. Staf khusus Presiden

Di usia 23 tahun, Putri Tanjung diangkat sebagai staf khusus Presiden Joko Widodo. Tak sendirian, ada 12 anak muda lainnya yang dipercaya Jokowi untuk membantu menangani isu-isu tertentu dari perspektif anaj muda.

Untuk Putri Tanjung sendiri, dia menjadi staf khusus Presiden untuk perekonomian kreatif, UMKM dan ekonomi digital.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 144 Tahun 2015, gaji Putri Tanjung sebagai staf khusus presiden adalah Rp 51 juta per bulan.

Baca Juga: Jadi Menteri 'Termiskin', Cuma Segini Sumber Kekayaan Menkop Teten Masduki

3. YouTube

Sumber kekayaan Putri Tanjung selanjutnya berasal dari kanal YouTube.

Wanita dengan nama lengkap Putri Indahsari Tanjung ini juga aktif di YouTube CXO Media.

Ia menjadi host dengan mengundang beragam public figure untuk berbincang tentang beragam hal.


4. Endorse

Selain berbisnis dan aktif di YouTube, Putri Tanjung juga memanfaatkan media sosialnya untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satunya lewat endorse.

Jika dilihat dari Instagram pribadinya, Putri Tanjung melakukan endorse untuk beragam produk.

Tarif untuk endorse Putri Tanjung tidak diungkapkan dengan gamblang. Namun rata-rata untuk endorse seorang public figure tarifnya sudah mencapai puluhan juta hingga ratusan juta.

Terlebih Instagram miliknya memiliki followers yang cukup banyak dengan akun verified.


5. Pembicara di berbagai event

Sumber kekayaan Putri Tanjung selanjutnya adalah ketika menjadi pembicara berbagai event.

Sebagai pebisnis, kemampuan public speaking Putri tak perlu diragukan lagi.

Ia kerap mengisi berbagai acara terkait entrepreneur.

Bayarannya tentu pastinya sepadan dengan prestasi dan track recordnya sebagai pengusaha muda ya.

Baca Juga: Gaji PNS Lewat! Ini 6 Sumber Kekayaan Mba Lala Pengasuh Rafathar, Bikin Iri Warganet

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.