22 Kata-kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya, Mulai yang Halus hingga Kasar

15 September 2022 14:30 WIB
Kata-kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya (ilustrasi)
Kata-kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya (ilustrasi) ( Pexels)


Sonora.ID - Berikut ini adalah contoh kata-kata sindiran bahasa Sunda lengkap dengan artinya yang bisa dipelajari. Selamat belajar.

Kata sindiran biasa disampaikan ketika merasa kesal dan kecewa dengan sebuah sikap atau tindakan yang dilakukan seseorang.

Untuk menegur sikapnya yang membuat tidak nyaman, biasanya digunakanlah sindiran.

Sindiran bisa disampaikan dengan bahasa Indonesia atau bahkan dengan bahasa daerah tertentu, misalnya saja bahasa Sunda.

Berikut ini kata-kata sindiran bahasa Sunda dan artinya yang bisa dijadikan cara untuk menegur teman, saudara, sahabat atau bahkan orang tua.

Sindiran ini bisa juga disampaikan secara langsung atau secara tertulis.

Simak ulasan tentang kata-kata sindiran bahasa Sunda berikut ini dilansir Sundapedia.

Baca Juga: 5 Contoh Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya, Beragam Tema!

Kata-kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya

Kata-kata sindiran bahasa Sunda halus dan artinya:

  • Abdimah ngarumaoskeun jalmi alit, teu wararantun teuing kedah mikacinta ka anjeun anu luhur harkat sareng darajat (Saya tahu diri jadi orang kecil, mana berani jatuh cinta pada kamu yang tinggi derajat dan martabat)

Kata-kata sindiran bahasa Sunda kasar dan artinya:

  • Keur butuhmah lumah laméh, geus jadimah poho. (Kalau lagi butuh berperangi baik, kalau sudah tercapai lupa) Biasanya untuk menyindir pejabat yang baik di saat pemilu dan lupa setelah jadi.
  • Pipilih meunang nu leuwih kocéplak meunang nu pécak. (Pilih-pilih mau yang lebih/cantik/kaya, dapatnya yang jelek/di bawah).
  • Nyandungtéh leuheung mun tinu kolot sarantang, tinu ngora sarantang da lolobanamah tinu kolot sérénténg tinu ngora sérénténg. (Mendua itu mending kalau dari yang tua ngirim se-rantang dari yang muda se-rantang, kebanyakan dari yang tua serenteng (marah), dari yang muda marah).
  • Lobakeun mah duit, teu gableg mah dulur gé jadi batur. (Perbanyak duit, kalau tak punya saudara juga jadi orang lain).
  • Piraku wé butuh kénéh ku duit leutik sakituning bru di juru bo di panto ngalayah di tengah imah lubak libuk teu kalebok. (Masa yang di rumahnya serba ada masih butuh uang kecil/bantuan).
  • Hareupeun sumuhun dawuh, tukangeun ngomongkeun. (Di depan seperti yang betul, di belakang ngomongin).
  • Ari gaya jiga nu sumuhun, tapi kana hutang melid. (Gayanya seperti yang betul aja, tapi malas bayar utang).
  • Beungeut nyanghareup ati mungkir. (Munafik).

Kata-kata sindiran bahasa Sunda bijak dan artinya:

  • Anu bru di juru bo di panto ngalayah di tengah imah moal moal daekeun dibéré bansos. (Orang yang segala ada/kaya, tidak akan mau dikasis bansos).
  • Nu sok lalawora kana késang baturmah embungeun dihargaan. (Orang yang suka menganggap enteng keringat orang mungkin dia tidak mau dihargai).
  • Tong asa aing uyah kidul da moal cicing di luhur salilana. (Jangan sombong sebab tidak akan selamanya sukses/menjabat/kaya).
  • Suganmah tungkultéh ngabandungan sihoréng nundutan, maklum capé tos tahajud. (Dikira nunduk itu mendengarkan, ternyata tidur. Maklum cape sudah tahajud)
  • Sayurteh ngeunah kurang gula. (sayurnya enak kurang gula), menyindir sayur tidak enak karena kurang gula atau kebebihan garam.
  • Moal aya panggetolna didieumah, iwalti ……….. (Tak ada yang paling rajin di sini, kecuali …..), menyindir orang yang malas.
  • Jelema pinter kadang sok ngarasa bener padahal kabalinger. (Orang pintar kadang suka merasa benar padahal keblinger).
  • Lalaki sajati mah tara ngomongkeun tukangeun atawa ngadukeun batur. (Lelaki sejati tak pernah ngomongin atau ngadu doma orang)
  • Lobakeun duit meh loba dulur. (Perbanyaklah uang biar banyak saudara), biasanya menyindir orang/saudara yang mata duitan.


Kata-kata sindiran bahasa Sunda untuk pacar atau mantan dan artinya:

  • Jangji hiji ka unggal awéwé/lalaki, hiji di ….., hiji di ….. (Janji hanya satu ke tiap cewek/cowok, satu di ……, satu di …. ), menyindir cewek/cowok yang punya banyak pasangan).
  • Nu hianat mah hiji waktu ogé bakal aya nu ngahianatan deui. (Pengkhianat suatu saat akan dikhianati orang).
  • Geus rumah tangga mah teu butuh gaya tapi butuh dana. (Kalau sudah menikah tak butuh gaya tapi butuh biaya).
  • Jangjinamah meni kareueut kawas peueut ari buktina pait alabatan batrawali. (Janjinya sangat manis, tapi buktinya tidak sesuai perkataan).

Demikian beberapa kata-kata sindiran bahasa Sunda dan artinya. Penting diperhatikan agar tak sembarangan melontarkan kata-kata sindiran agar tidak memperburuk hubungan dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga: 10 Kata-Kata Lucu Bahasa Sunda dan Artinya, Temani Akhir Pekanmu yang Kelabu!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.