Kisah Hidup Jaya Suprana, Pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang Dulu Pernah Jadi Tukang Bubut

1 Oktober 2022 15:20 WIB
Berikut adalah kisah hidup Jaya Suprana, pendiri MURI.
Berikut adalah kisah hidup Jaya Suprana, pendiri MURI. ( Sonora/Dian Mega S)

Sonora.ID - Dikenal sebagai pendiri Muesum Rekor Dunia Indonesia (MURI), kisah hidup Jaya Suprana penuh dengan perjuangan di masa lalu.

Siapa yang tak kenal dengan Jaya Suprana? Lantaran berbagai aktivitas dan kerja profesionalnya, nama Jaya telah dikenal banyak orang sebagai salah satu tokoh penting di Indonesia.

Sebagai tokoh, keberadaannya juga telah diakui oleh dunia internasional lewat banyak media berbobot dunia macam Die Welt, Los Angeles Times, The Guardian, Wall Street Journal, dan Straits Time.

Lantas, apa yang Anda bayangkan pertama kali ketika mendengar namanya, selain—tentu saja—soal pendirian Museum Rekor Indonesia atau MURI?

Di sini, selain mendirikan satu hal besar itu, nama Jaya juga mewakili banyak macam gairah hidup yang baik seperti pengusaha, pembicara, presenter, penulis, kartunis, pemain piano, hingga pencipta lagu. Singkat kata, sebagai seorang lelaki, Jaya benar-benar sudah seperti menguasai dunia.

Namun, sebagaimana yang seharusnya terjadi secara berpola dalam hidup ini, pencapaian dan keberhasilan membutuhkan modal besar. Dan Jaya Suprana benar-benar mengakrabi modal itu: sepanjang hidupnya, ia selalu bekerja keras tanpa lelah.

Sebelum menyandang berbagai macam predikat seperti sekarang, hidup Jaya benar-benar memprihatinkan. Dulunya, ia hanya meneruskan usaha jamu yang diwarisi oleh keluarganya secara turun-temurun.

Lantaran konsisten dengan sikap prihatin dan mau bersusah payah, lelaki berkacamata tebal yang lahir di Bali itu lantas punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, yakni Jerman.

Hanya saja, di sana, ia sama sekali tak bersenang-senang. Tak seperti banyak mahasiswa luar negeri dengan orang tua yang tajir, untuk tetap dapat menghidupi diri sendiri di tanah orang, Jaya rela menjadi tukang bubut, tukang pasang ubin, hingga menjaga kafetaria mahasiswa.

Baca Juga: Penjual Nasi Kuning Jadi Seleb TikTok, Ini Kisah Hidup Tante Lala

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm