BPKP Wujudkan Transformasi Digital Pembinaan Auditor

4 Oktober 2022 17:22 WIB
Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto.
Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto. ( )

Sonora.ID – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) meluncurkan Sistem Informasi Layanan Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (JFA) pada Senin (3/10).

Sistem Informasi Pembinaan JFA diluncurkan oleh Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto dan disaksikan secara langsung serta daring oleh Dewan Pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI), inspektur jenderal kementerian, inspektorat lembaga dan inspektorat daerah seluruh Indonesia.

Ernadhi menjelaskan upaya pengembangan kompetensi auditor yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan merupakan salah satu fungsi dari pembinaan jabatan fungsional auditor oleh BPKP selaku instansi pembina JFA.

Oleh karena itu Pusat Pembinaan JFA BPKP mengembangkan Sistem Informasi Layanan Pembinaan JFA sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan ke-JFA-an secara berkelanjutan.

“Kami berharap pembinaan dan layanan JFA menjadi semakin dekat dan cepat dalam merespon kebutuhan pembinaan auditor di seluruh APIP kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah,” katanya, Senin (3/10).

Baca Juga: BPKP Kawal BLT Kompensasi Kenaikan BBM

Ernadhi juga berharap bahwa peluncuran Sistem Informasi Layanan Pembinaan JFA dapat menjadi salah satu upaya BPKP dalam menerapkan transformasi digital pengawasan BPKP.

“Kami berharap agar transformasi digital dapat setidaknya, pertama, mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan kuantitas peningkatan kompetensi, karir, dan kinerja auditor. Kedua, memudahkan auditor APIP mengakses layanan JFA dan memperluas akses implementasi kebijakan dan strategi pembinaan JFA,” ungkapnya.

Sistem Informasi Pembinaan JFA telah memuat seluruh layanan pembinaan JFA seperti pengusulan formasi, pengangkatan dalam JFA, modul Penilaian dan Penetapan Angka Kredit (PPAK) JFA, pendaftaran Ujian Sertifikasi Auditor Berbasis Komputer (USABK), pembaruan data auditor, dan sebagainya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan Webinar Cloud Computing Auditing, dengan tema Transformasi Digital dalam Pengawasan Intern. Webinar menghadirkan President of the IIA–Australia Mr. Stephen Coates sebagai prominent speaker.

Selanjutnya acara diskusi panel dibawakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan bersama dengan Amazon Web Services.

Baca Juga: Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Raih WTP 14 Tahun Beruntun

Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari selaku Ketua Umum AAIPI mengatakan bahwa webinar ini diselenggarakan karena perkembangan lingkungan di era digital dan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat mengubah banyak aspek dari kehidupan.

“Sebagai APIP tentu saja ini membutuhkan kesiapan kita semua dalam mengikuti perkembangan lingkungan tersebut termasuk peran kita sebagai APIP yang harus mampu merespon kebutuhan di era digital ini,” ujarnya.

Tag:
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.