Kelurahan BBL Jadi Wakil Kalbar di Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

14 Oktober 2022 14:00 WIB
Tim Penilai melakukan verifikasi lapangan lomba Kelurahan Regional III di Kelurahan Bangka Belitung Laut Kecamatan Pontianak Tenggara
Tim Penilai melakukan verifikasi lapangan lomba Kelurahan Regional III di Kelurahan Bangka Belitung Laut Kecamatan Pontianak Tenggara ( Kominfo Pontianak)

Pontianak, Sonora.ID - Kelurahan Bangka Belitung Laut (BBL) Kecamatan Pontianak Tenggara mewakili Kalimantan Barat dalam Lomba Kelurahan Tingkat Regional III, yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebelumnya, BBL telah mengumpulkan syarat administrasi maupun paparan inovasi di tingkat kota, dan kini telah melenggang ke tingkat nasional.

Analis Kebijakan Ahli Madya Bidang Sub Direktorat (Subdit) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Musyawarah Desa (Musdes) Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, M. Rahayuningsih menjelaskan, terdapat beberapa hal yang telah pihaknya nilai saat verifikasi lapangan, seperti menyesuaikan antara dokumen, paparan Lurah dan kondisi riil.

“Kami klarifikasi lapangan gunanya adalah melihat secara nyata fakta yang ada di Kelurahan BBL ini seperti apa. Kalau administrasi yang sudah disampaikan sudah kami lihat dan terdapat beberapa alasan kenapa Kelurahan BBL masuk ke dalam lima besar,” terangnya saat penilaian verifikasi lapangan, di Aula Kelurahan BBL, Jumat (14/10).

Baca Juga: Jadi Pembicara Nasional, Wali Kota Edi Kamtono Bahas Implementasi Smart City

Selain melakukan penilaian, Rahayuningsih bersama rombongan turut memberikan masukan untuk kemajuan daerah hingga tingkat Kelurahan. Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Kampong Pokok Telok dan Rumah Budaya Gang Haji Salmah.

“Berarti jangan sampai apa yang sudah dituliskan lewat dokumen, ternyata tidak ada di lapangan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak, Multi Juto Bhatarendro menyebut penilaian dijadwalkan kemarin Kamis (13/10) siang, namun karena kendala teknis saat penerbangan, Tim Penilai harus turun dulu ke Kota Batam karena cuaca. 

“Namun hari ini kita sudah menerima masukan serta menjawab pertanyaan maupun menunjukkan kondisi di lapangan,” ungkapnya.

Multi melanjutkan, sebelumnya di tingkat kota pihaknya kesulitan menentukan pilihan pemenang karena dinilai memiliki persaingan yang hampir sama ketatnya. Terpilihnya Kelurahan BBL menurutnya, selain karena manajemen administrasi yang baik, juga inovasi dari Kelurahan tersebut mampu memberdayakan masyarakat.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm