6 Contoh Teks Narrative Singkat, Lengkap dengan Struktur dan Artinya

31 Oktober 2022 12:50 WIB
Ilustrasi contoh teks narrative singkat
Ilustrasi contoh teks narrative singkat ( unsplash.com)

Sonora.ID - Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa jenis teks yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa, salah satunya adalah narrative text.

Narrative text sendiri merupakan jenis teks yang menceritakan suatu kisah secara runtut dengan kronologi yang jelas dan saling terhubung satu sama lain.

Jenis teks ini dibuat untuk menghibur para pembaca karena bersifat fiktif atau karangan semata.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat menyimak 6 contoh teks narrative singkat berikut ini yang dibahas melalui struktur terlebih dahulu.

Struktur Teks Narrative

Baca Juga: 10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris untuk Pemula, Ringan Tapi Menarik

1. OrientationParagraf ini akan membahas tentang perkenalan tokoh dan latar dalam cerita di teks naratif.

2. Complication: Paragraf ini akan menunjukkan rentetan awal mula cerita di mulai yang akan berlanjut pada konflik, klimaks, atau anti-klimaks.

3. Resolution: Paragraf ini menujukkan akhir dari sebuah cerita yang merupakan penyelesaian dari konflik

Contoh Teks Narrative Singkat

1. True Friends

Once upon a time, there were two close friends who were walking through the forest together. They knew that anything dangerous can happen any time in the forest. So they promised each other that they would always be together in any case of danger.

Suddenly, they saw a large bear getting closer toward them. One of them climbed a nearby tree at once. But unfortunately the other one did not know how to climb up the tree. So being led by his common sense, he lay down on the ground breathless and pretended to be a dead man.

The bear came near the one who was lying on the ground. It smelt in his ears, and slowly left the place because the bears do not want to touch the dead creatures. After that, the friend on the tree came down and asked his friend that was on the ground, “Friend, what did the bear whisper into your ears?” The other friend replied, “Just now the bear advised me not to believe a false friend.”

Terjemahan: Pada suatu haru, ada dua teman dekat yang berjalan bersamaan di dalam hutan. Mereka tahu bahwa hal-hal berbahaya bisa terjadi kapanpun di dalam hutan tersebut. Sehingga, mereka pun berjanji bahwa keduanya akan terus bersama dalam keadaan berbahaya sekalipun.

Tiba-tiba, mereka melihat ada beruang besar yang berjalan semakin dekat ke arah mereka. Salah satu dari mereka pun memanjat pohon yang ada di dekatnya. Tetapi sayang, teman yang lannya tidak tahu cara memanjat pohon. Dengan instingnya, ia pun berbaring di tanah sembari menahan napas dan berpura-pura menjadi orang yang sudah mati.

Beruang pun mendekati sosok yang berbaring di tanah tersebut. Menciumi telinganya, beruang itu pun secara perlahan meninggalkannya karena hewan ini tidak ini menyentuh mayat. Setelah itu, teman yang memanjat pohon tadi turun dan bertanya pada insan yang berbaring di tanah, "Teman, apa yang beruang itu bisikan kepadamu?". Orang itu menjawab, "Beruang tadi memberikanku petuah untuk tidak mempercayai teman palsu,".

2. Fox and Cat

One day a cat and a fox were having a conversation. The fox, who was a conceited creature, boasted how clever she was. ‘Why, I know at least a hundred tricks to get away from our mutual enemies, the dogs,’ she said.

‘I know only one trick to get away from dogs,’ said the cat. ‘You should teach me some of yours!’
‘Well, maybe someday, when I have the time, I may teach you a few of the simpler ones,’ replied the fox airily.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm