10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan yang Singkat

1 November 2022 07:30 WIB
Contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan.
Contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan. ( Pixabay)

Sonora.ID - Materi bahasa Indonesia kali ini kita akan membahas mengenai teks laporan hasil observasi.

Melansir dari buku Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Eksposisi, teks laporan hasil observasi merupakan sebuah teks yang mengandung penjabaran umum atau melaporkan sesuatu hal dari hasil sebuah pengamatan.

Teks ini biasanya akan menjelaskan mengenai suatu objek yang diamati dari segi bentuk, ciri serta sifatnya secara umum.

Sebuah teks laporan hasil observasi biasanya memiliki struktur sebagai berikut.

  1. Definisi umum: memuat penjelasan mengenai kelompok, kelas, atau keterangan umum dari objek yang diamati.
  2. Definisi bagian: memuat pemaparan rinci mengenai beberapa bagian yang akan membentuk kesatuan utuh.
  3. Deskripsi manfaat: kesimpulan atau pemaparan penulis mengenai kegunaan, kelebihan, atau manfaat dari objek yang diamati.

Objek yang dibahas dalam teks laporan hasil observasi ini dapat dapat berupa manusia, benda, hewan, maupun tumbuhan.

Dalam artikel kali ini kami akan memaparkan sejumlah contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan sebagai referensi untuk Anda memahaminya.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Ulasan Novel Lengkap dengan Penjelasan Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Hutan

Deskripsi umum:

Hutan adalah paru-paru dunia. Tidak hanya berperan penting dalam ekosistem, hutan juga berpengaruh besar terhadap flora, fauna, juga manusia. 

Rusia dinobatkan sebagai negara dengan total luas wilayah hutan terbesar di dunia. Kemudian diikuti Brazil, Kanada, Amerika Serikat, dan Tiongkok. 

Deskripsi bagian:

Walau memiliki peranan yang besar bagi Bumi, sayangnya total luas wilayah hutan tiap tahunnya terus menurun. 

Sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti penebangan hutan, pembukaan lahan, hingga alih fungsi lahan. 

Deskripsi manfaat:

Dalam ekosistem, peran hutan sangatlah banyak. Salah satunya menjadi habitat alami bagi sejumlah flora dan fauna. 

Hutan juga berfungsi sebagai penghasil oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya. 

Manfaat yang dimiliki hutan ini, diharapkan mampu menyadarkan kita para manusia, untuk menjaga serta melestarikan hutan. 

Hal ini karena hutan bukan hanya milik kita, tetapi seluruh makhluk hidup di permukaan bumi. 

Bunga Melati

Deskripsi umum:

Bunga melati adalah tumbuhan yang hanya tumbuh di sebagian Asia Tenggara dan Australia. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga bangsa bagi Indonesia atau tepatnya Puspa Bangsa. Hal ini berarti, bunga ini diakui sebagai satu di antara bunga ciri khas negara Indonesia.

Deskripsi bagian:

Pohon ini tingginya sedang, sekitar setengah tinggi rata-rata orang dewasa atau setelah diukur tinggi tepatnya sekitar 83 cm. Batangnya bulat berkayu dengan tinggi 4-60 cm. Batang tumbuhannya bercabang dan berwarna cokelat di bagian pangkal kemudian cokelat muda di bagian ujungnya.

Letak daunnya saling berhadapan dalam sebuah tangkai atau batang. Helai daunnya berbentuk bulat telur dan menjorong ke bagian tepi. Namun, ujungnya runcing, sementara itu pangkalnya membulat, tepinya rata, dan tulang daunnya menyirip. Warnanya hijau tua untuk daun yang besar. Hijau muda untuk yang muda/kecil. Beberapa daun permukaannya berkerut atau tidak mulus.

Bunganya tumbuh di antara daunnya. Jumlahnya terbatas, hanya ada satu hingga tiga bunga untuk setiap kumpulan daun. Setiap bunga memiliki antara empat hingga sembilan kelopak, empat ovula, dan dua lokulus. Sementara itu benang sarinya sangat pendek jika dibandingkan dengan bunga lainnya. Ukuran bunganya rata-rata berdiameter 2,5 cm. Warnanya putih cerah dengan aksen putih lilin atau sedikit kekuningan. Mahkota bunganya berbentuk lembaran mengerut, seperti terompet, namun pendek.

Jika dicium dengan saksama, bunga ini menghasilkan wewangian. Aromanya segar dan berbau manis. Konon bunga melati lebih banyak melepaskan aromanya di malam hari, namun pada masa observasi berlangsung di siang hari, bunga ini tetap beraroma kuat jika diendus dari dekat.

Deskripsi manfaat:

Bunga melati adalah satu di antara kekayaan tumbuhan negara yang telah ditetapkan sebagai bunga bangsa. Aromanya yang memikat membuat bunga ini sering dijadikan teh bunga melati yang biasa dicampurkan dengan daun teh muda. Mari kita turut melestarikannya dengan cara ikut menanamnya atau sesederhana mencicip tehnya yang terkenal harum dan menyegarkan.

Bunga Mawar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm