Nelayan Kalsel Serukan Jaga Kondusifitas Perairan

1 November 2022 15:25 WIB
Deklarasi nelayan Kalsel
Deklarasi nelayan Kalsel ( Humas untuk Smart FM)

Banjarmasin, Sonora.ID - Para nelayan yang tergabunf dalam organisasi persatuan Nelayan Kalsel menyerukan "Siap Jaga Kondusifitas Perairan Kalsel Untuk Nelayan Lebih Sejahtera".

Deklarasi di kantor sekretariat Persatuan Nelayan Kalsel Desa Muara Kintap Kab. Tanah Laut, Senin (31/10).

Ketua Ormas Persatuan Nelayan Kalimantan Selatan, H. Jamaluddin mengajak, ratusan nelayan Kalsel untuk bersama-sama menjaga kondusifitas perairan wilayah Kalsel.

Para nelayan Kalsel menurutnya, telah berkomitmen untuk bersama – sama menjaga kondusifitas perairan wilayah Kalsel demi terciptanya situasi yang kondusif.

"Diharapkan hasil tangkapan ikan para nelayan bisa lebih meningkat dan kesejahteraan para nelayan bisa lebih sejahtera," ucapnya.

Ia membeberkan, belum lama tadi, sempat ada permasalahan nelayan lokal di wilayah Desa Muara Kintap Kab. Tanah Laut, yang tidak terima adanya aktivitas nelayan dari luar pulau Kalimantan.

 Baca Juga: Penyelidikan Jalan, Pengerjaan Jalan Jembatan Sulawesi II Dilanjutkan

Dimana aktivitas nelayan dari luar Kalimantan menggunakan alat tangkap berupa jenis Cantrang yang penggunaannya dianggap tidak sesuai pada batasan wilayah yang telah ditentukan.

"Mengingat kebanyakan para nelayan lokal dalam menangkap ikan masih menggunakan alat tangkap berupa jala yang masih tradisional," ungkapnya.

"Keresahan Nelayan Lokal di Perairan Kalsel dengan adanya aktivitas nelayan dari luar Kalimantan menggunakan Cantrang karena khawatir Nelayan Lokal akan hasil tangkapannya menjadi menurun," sambungnya.

"Belum lagi alat tangkap yang digunakan oleh Nelayan luar Kalimantan itu dianggap merusak seluruh biota Laut termasuk hewan maupun tumbuhan atau karang," tambahnya lagi.

Ia berharap, dengan seruan dalam menjaga kondusifitas perairan wilayah Kalsel ini semua nelayan bisa ikut andil dalam menjaga kawasan perairan Kalsel.

"Apabila terjadi permasalahan untuk tidak mudah terpancing dan sadar hukum saat menghadapi masalah serta mengedepankan musyawarah sehingga stabilitas kamtibmas tetap terjaga," tutupnya.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Bangun Usaha di Banjarmasin! Cek Dulu SIMTARU

PenulisJumahudin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Para nelayan yang tergabunf dalam organisasi persatuan Nelayan Kalsel menyerukan "Siap Jaga Kondusifitas Perairan Kalsel Untuk Nelayan Lebih Sejahtera