31 Kampung KB di Soppeng Pamerkan Menu Bergizi Lewat Program Dashat

23 November 2022 15:30 WIB
Wakil Bupati Soppeng bersama Kepala BKKBN Sulsel memamerkan makanan bergizi yang hadir pada program Dashat
Wakil Bupati Soppeng bersama Kepala BKKBN Sulsel memamerkan makanan bergizi yang hadir pada program Dashat ( Dok BKKBN)

Soppeng, Sonora.ID - Wakil Bupati Soppeng, Luthfi Halide meluncurkan program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) 31 Kampung KB di wilayah tersebut. Program itu bertujuan mendorong pemanfaatan pangan lokal guna memenuhi kebutuhan gizi keluarga dalam pencegahan stunting.

Sedikitnya terdapat 100 kreasi menu bergizi berbahan dasar pangan lokal dipamerkan dalam peluncurkan DASHAT di Soppeng. Adapun bahan pangan lokal yang digunakan seperti daun kelor, ikan air tawar, daun katuk, jagung dan madu. Semua bahan tersebut kaya nutrisi yang dibutuhkan keluarga agar terhindar dari stunting.

Bupati Soppeng, Lutfi Halide mengatakan, untuk menurunkan stunting ke angka 14 persen sesuai target pemerintah di tahun 2024 tidaklah mudah. Dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama lintas sektor dalam penanganannya.

“Untuk mengatasi Stunting, Kita harus bersama-sama turun ke lapangan untuk melihat situasi dan kondisi yang ada, jadi sebelum kita menyelesaikan masalah, maka perlu diperjelas dulu agar kita bisa melakukan intervensi,” ujar Lutfi Halide yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Soppeng.

Lutfi Halide tak lupa menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dukungan dan perhatian BKKBN Sulsel dalam program Kampung KB yang dicanangkan di Kabupaten Soppeng.

Baca Juga: Imun Bisa Menurun, Ini Tips Jaga Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ritamariani mengatakan, angka stunting di Soppeng mencapai 25,4 persen. Sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menetapkan batas toleransi stunting suatu negara hanya 20 persen.

Oleh karena itu, dia berharap agar Kepala Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK sebagai pemangku kebijakan di tingkat Desa mengetahui situasi dan kondisi Stunting di wilayahnya masing-masing. Sehingga dapat melakukan penaganan dan intervensi secara tepat.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Soppeng yang telah melaksanakan DASHAT serta telah memberikan respon yang luar biasa terkait kegiatan percepatan penurunan stunting khusunya di Kabupaten Soppeng, ” tutupnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Lemas hingga Pingsan! Gadis 19 Tahun di Sulawesi Digilir oleh 6 Pemuda dalam Sehari, Kronologinya Memilukan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm