Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD, Pj Bupati Landak Ajak Semua Pihak Sukseskan Pendidikan Anak Usia Dini

30 November 2022 18:50 WIB
Foto bersama usai Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa di Kabupaten Landak.
Foto bersama usai Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa di Kabupaten Landak. ( Diskominfo Kab. Landak)

Landak, Sonora.ID - Pj. Bupati Landak Samuel, menyatakan bahwa Bunda PAUD Desa dan Bunda PAUD Kecamatan merupakan ujung tombak yang berhadapan dan terlibat langsung dengan pembinaan anak-anak usia dini.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa, Kabupaten Landak Tahun 2022, di Aula Besar Kantor Bupati Landak, Rabu (30/11).

“Ini adalah untuk pembinaan anak-anak sejak usia dini di wilayah masing-masing utamanya di wilayah desa-desa dan untuk penyelenggaraan PAUD ini ada anggarannya yang dianggarkan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang disebut Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) alokasi pendanaan ini tergantung dari jumlah PAUD dan siswa didiknya,” ujar Samuel.

Samuel mengatakan pada anak usia dini, otak berkembang dengan sangat cepat. Otak juga dapat menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Lebih Tinggi dari Regional Kalimantan dan Nasional

"Masa itu adalah masa-masa dimana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak akan mulai terbentuk. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan ini adalah masa golden age bagi seorang anak," ucap Samuel.

Ia mengingatkan kepada para orang tua bahwa pendidikan anak usia dini bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua juga harus bersama-sama berperan aktif mensukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing.

"Kita tidak boleh cepat berpuas diri. Pekerjaan dan pencapaian besar untuk memasyarakatkan PAUD masih menunggu. Melalui intervensi kebijakan pemerintah, dengan menggerakkan instrumen pemerintah dari tingkat provinsi, tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, tingkat desa sampai ke tingkat dusun," tegasnya.

Tidak lupa Samuel mengucapkan selamat atas pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa dan mengajak semua pihak untuk turut mempersiapkan anak-anak serta mengambil peran dalam mensuskseskan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Baca Juga: Bupati Kubu Raya: Program Kemenkeu Mengajar adalah Implementasi Merdeka Belajar

“Marilah kita semua bersama-sama membina anak-anak sejak usia dini yang mana merupakan salah satu program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan diharapkan nanti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang salah satunya adalah dilihat dari tingkat pendidikan anak-anak sampai dengan dewasa di Kabupaten Landak senantiasa meningkat. Saya yakin dan percaya bahwa ini adalah tugas mulia bagi kita semua,” tutur Samuel.

Samuel juga berpesan jika ada masalah diharapkan disampaikan secara berjenjang dari Bunda PAUD Desa ke Bunda PAUD Kecamatan, kemudian ke Bunda PAUD Kabupaten hingga nanti dari Bunda PAUD Kabupaten ke Bunda PAUD Provinsi.

“Mari kita laksanakan serta selalu bersinergi dan berkolaborasi yang artinya jika ada permasalahan atau hambatan supaya bisa disampaikan secara berjenjang dan bersama-sama kita mencari solusi yang terbaik untuk permasalahan-permasalahan tersebut. Semoga segala upaya dan rencana kita ini selalu diberkati dan dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutup Samuel.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm