7 Contoh Surat Pengalaman Kerja, Lengkap dengan Cara Membuatnya

1 Desember 2022 13:35 WIB
Ilustrasi contoh surat pengalaman kerja
Ilustrasi contoh surat pengalaman kerja ( unsplash.com)

Sonora.ID - Ketika Anda ingin melamar pekerjaan di suatu instansi, surat pengalaman kerja kerap menjadi salah satu syarat administratif yang harus dipenuhi.

Surat ini sangat penting bagi pihak recruiter karena dapat menjadi acuan untuk menilai pelamar dari segi pengalaman bekerja yang sudah pernah dilakukan.

Hal ini membuat Anda harus mampu menyusun dan membuat surat pengalaman kerja dengan sangat baik.

Untuk bisa membuat syarat administratif tersebut, Anda harus mengetahui 3 cara membuat surat pengalaman kerja terlebih dahulu, yakni:

  1. Menulis lengkap data diri karyawan yang bersangkutan dan mencantumkan secara jelas posisi karyawan
  2. Mencantumkan informasi periode bekerja pada instansi sebelumnya
  3. Menjabarkan kelebihan, kinerja, dan prestasi karyawan yang sudah pernah didapatkan pada instansi terdahulu

Seperti jenis surat lainnya, surat pengalaman kerja juga memiliki struktur yang wajib Anda perhatikan ketika membuatnya, yaitu:

Baca Juga: 3 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Lengkap dan Mudah Dibuat

  • Kepala surat, berisikan identitas lembaga atau instansi; logo, nama, alamat, nomor telepon, dan surel
  • Badan surat, berisikan judul dan nomor surat, identitas orang yang memberikan keterangan, identitas orang yang meminta keterangan, penjelasan atau pengalaman kerja
  • Penutup, berisikan nama personal, seperti nama lembaga atau institusi yang memberikan keterangan

Jika Anda sudah memahami cara membuat dan struktur dari syarat administratif tersebut, berikut Sonora ID bagikan informasi lengkap terkait 7 contoh Surat Pengalaman Kerja yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Surat Pengalaman Kerja I

Jakarta, 10 Juli 2022

Hal: Lamaran Kerja

Yth. HRD Manager PT ABC Grup

Jl. Melawai nomor 10, Jakarta

di tempat

Dengan hormat, Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi pemasaran yang saya dapatkan di website ABC pada 7 Juli 2022, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Staf Marketing di ABC Grup.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama : M. Humam Satria

Jenis kelamin : Laki-laki

Tempat/tgl lahir : Bandung, 20 Maret 1997

Alamat : Jl. Cibiru No. 5, Bandung

Pendidikan : S1 Manajemen, Universitas Indonesia

Telepon/HP : 08134562345

Saya berpengalaman di posisi Staf Marketing selama 3 tahun, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Foto ukuran 3 x 4
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi surat pengalaman kerja
  • Sertifikat

Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,  

M. Humam Satria

2. Surat Pengalaman Kerja II (Inggris via E-Mail)

To: [Email HRD perusahaan]

Cc : [Email perusahaan yang lainnya jika ada]

Subject: [Nama pelamar]-[posisi yang dilamar]

Dear Human Resources team of [nama perusahaan],

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm