Peran Genre dalam Mencegah HIV / AIDS di Kota Palembang

3 Desember 2022 09:00 WIB
Live Talkshow Sonora (2/12/2022), Peran Genre dalam Mencegah HIV / AIDS di Kota Palembang
Live Talkshow Sonora (2/12/2022), Peran Genre dalam Mencegah HIV / AIDS di Kota Palembang ( Koleksi pribadi)

Palembang, Sonora.ID – Setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari Aids Sedunia.

Untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS di kota Palembang, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berenacan (PPKB) kota Palembang menggandeng anak-anak remaja untuk sadar dan mencegah penularan HIV/AIDS khususnya di kalangan remaja.

“Kota Palembang sudah membangun bina keluarga remaja dan berhasil juara 1 nasional di kecamatan IB 2. Jadi sasaranya bagaimana anak remaja kota Palembang untuk mendapat komunikasi informasi dan edukasi seputar pengetahuan remaja, persiapan pranikah, merencanakan pendidikan, pekerjaan dan keluarga. Anak-anak remaja diharapkan melakukan hal-hal positif ditengah banyaknya tantangan yang dihadapi anak-anak remaja mulai dari HIV/AIDS, napza, hubungan seks diluar nikah. Diharapkan mereka betul-betul terjaga dan terhindar dari HIV/AIDS, mereka harus berkolaborasi untuk mendapatkan pengetahuan dalam menghadapi pekerjaan, pernikahan nantinya,” ujar Altur Febriansyah, SH, M.SI - Kepala Dinas PPKB Palembang dalam Live Talkshow Sonora (2/12/2022).

Drs. Syafruddin - Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Dinas PPKB Palembang menambahkan agar anak remaja terhindar dari penularan HIV/AIDS maka diharapkan remaja tidak melakukan hubungan seks sebelum nikah, tidak bergonta-ganti pasangan, menggunakan kondom, menghindari  penggunaan narkoba terutama jarum suntik, mendapatkan informasi terkait HIV/AIDS tentang cara penularan, pencegahan dan pengobatannya.

Baca Juga: Peran Genre dalam Mencegah HIV/AIDS di Kota Palembang

Winda Pratiwi, Ketua FGI Kota Palembang mengatakan genre kepanjangan dari generasi berencana merupakan program dari badan kependudukan dan keluarga berencana nasional bertujuan membentuk karakter remaja Indonesia agar terhidar dari seks bebas, HIV/Aids dan napza.

“FGI suatu wadah kolaborasi antar duta genre serta pusat konseling remaja yang ada di kota Palembang dalam  rangka menanggulangi kasus remaja meliputi seks bebas, HIV/Aids dan napza,” ujarnya.

Peran FGI antara lain mensosialisasikan KIE ( Komunikasi, informasi, edukasi) mencari informasi dan menyebarkan ke remaja, edukasi ke pusat konseling remaja dan ke sekolah-sekolah agar remaja terhindar dan mencegah HIV/Aids.

“Respon mereka baik dengan hadirnya FGI karena remaja generasi bangsa harus sehat bebas dari HIV/Aids, napza, pernikahan dini. Peran kami bisa membantu remaja-remaja di kota Palembang,” pungkasnya.

Jumlah anggota FGI di kota Palembang saat ini 75 orang, tersebar luas di seluruh wilayah di kota Palembang. Ada yang berasal dari sekolah, pusat informasi konseling remaja dan orang-orang yang mau bergabung agar terhindar dari seks bebas, napza, HIV/Aids.

“yang ingin bergabung menjadi anggota FGI silahkan menghubungi duta kami yang ada di kecamatan dan kelurahan di kota Palembang,” ujarnya.

Baca Juga: Provinsi Sumatera Selatan Kembali Mengalami Deflasi pada November 2022 

 Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm