Cegah Stunting BKKBN dan Pemkot Manado Gandeng Orang Tua dan Pembina Remaja

5 Desember 2022 11:00 WIB
Richard Sualang Wakil Walikota Manado Menyampaikan Sambutan Tentang Penanganan Stunting
Richard Sualang Wakil Walikota Manado Menyampaikan Sambutan Tentang Penanganan Stunting ( )

Manado, Sonora.ID - Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang memberikan sambutan sekaligus membuka Kegiatan Konsolidasi Pencegahan Stunting dari Hulu bagi Remaja dan Pembina Remaja/Orang Tua di PIK-R Kota Manado di Gereja GMIM Yohanes Teling, Sabtu 03 Desember 2022.

Harapan Wakil Walikota bahwa konseling dan pembinaan Remaja terkait pencegahan Stunting dari Hulu dapat berjalan konsisten Penguatan Pusat.

Informasi dan konseling remaja (PIK-R) dan kelompok BKR harus aktif, remaja perlu mengenal dan belajar akan hal Reproduksi, Gizi dan Perencanaan Keluarga, yang terutama mereka harus dapat berpikir ke depan dan mampu mempersiapkan diri untuk berkeluarga dengan itu masalah Stunting dapat dicegah dan diatasi. 

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Ir. D. Tino Tandaju, M,Erg bersama Koordinator Bidang KS/PK dr. Jeanny Winokan, MAP dan Tim melaksanakan program Bangga Kencana, dalam sambutan Bapak Kepala Perwakilan permasalahan remaja akhir-akhir ini sangat kompleks diantaranya meningkatkan perkawinan usia dini bahkan ada di usia 13 tahun, terlibat dalam pertikaian, kekerasan, seks bebas dan Napza.

Baca Juga: BKKBN Sulut Evaluasi Program Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi dan Kabupaten/Kota

Semua ini tidak lepas dari peran orang tua bersama Pembina remaja dituntut memberikan teladan dan parenting yang optimal, Program pemerintah melalui PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) dan Bina Remaja memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi, gizi dan perencanaan keluarga.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pertama angka kelahiran di usia remaja dapat diturunkan karena dapat beresiko pada lahirnya anak stunting karena belum siap dari sisi usia dan belum direncanakan secara matang, kedua berbagai permasalahan remaja dapat dicegah dengan memaksimalkan fungsi dan peran PIK-R yang sudah di bentuk khususnya di Kota Manado dimana baru terdaftar di New Siga PIK-R 9 Kelompok, BKR 12 Kelompok.

Dari Kelompok PIK-R seperti ini akan lahir perutusan Duta Generasi Berencana (Duta Genre) baik di Tingkat Kelurahan, Kecamatan sampai di Tingkat Kabupaten yang mampu menjadi pelopor dan corong Program Bangga Kencana dalam rangka meningkatkan remaja yang unggul dan berkualitas.

Turut hadir dalam Kegiatan ini Kepala Dinas PPKB Kota Manado Drs. Sammy Kaawoan, MAP, Ketua BPMJ GMIM Teling Ibu Pdt. Cleopatra S.C Robot, MTH bersama jajaran.

Peserta yang mengikuti kegiatan Konsolidasi Pencegahan Stunting dari Hulu bagi Remaja dan Pembina Remaja/Orang Tua di PIK-R Kota Manado berjumlah 110 peserta yang terdiri dari Orang Tua dan Pemuda/Remaja.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm