Peningkatan Kapasitas POKJA Program Penanggulangan HIV Makassar

5 Desember 2022 16:52 WIB
Kegiatan Yayasan Peduli Kelompok Dukungan Sebaya (YPKDS)
Kegiatan Yayasan Peduli Kelompok Dukungan Sebaya (YPKDS) ( Sonora.ID)

Makassar, Sonora.ID - Keterlibatan berbagai pihak dalam memaksimalkan program penanggulangan HIV/AIDS dirasa perlu.

Olehnya, Yayasan Peduli Kelompok Dukungan Sebaya (YPKDS)nmenggelar kegiatan selama 3 hari pada tanggal 1 sampai 3 Desember 2022, di Novotel Hotel Makassar.

Peserta merupakan perwakilan pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga/ CSO, politisi, polisi dan media.

Peningkatan Kapasitas POKJA Program Penanggulabgan HIV Kota Makassar, dilaksanakan sebagai Upaya membentuk, mengaktifkan Kembali kelompok Kerja (POKJA) untuk memaksimalkan peran dan tanggung jawabnya. dan memastikan semua intervensi yang dilakukan dapat berjalan secara efektif dan berkualitas.

Diantaranya; memastikan Layanan kesehatan yang terintegrasi, adanya lingkungan kondusif bagi kelompok populasi kunci yang berbasiskan hak asasi manusia dan sensitive gender, dan yang tidak kalah pentingnya bagaimana membangun kemandirian kelompok beresiko tinggi (populasi kunci) melalui kewirausahaan sebagai solusi untuk menunjang kesejahtraan mereka.

Baca Juga: Resep Membuat Ayam Gagape Kudapan Nikmat Khas Masyakarat Makassar

Muh.Akbar Abdullah Koordinator SSR YPKDS
Tujuan dari kegiatan ini sebenarnya bagaimana teman-teman Pokja yang sudah terlibat ini ditingkatkan dalam pemahaman dalam isu HIV lagi karena dengan beberapa kegiatan yang telah di lakukan anggota Pokja memiliki tingkatan kapasitas yang berbeda-beda

"Teman-teman Pokja masih perlu kita tingkatkan pemahamannya dengan isu HIV Aids karena di anggota Pokja ini masing-masing stakeholder terkait dan berbeda-beda isu yang memang ada keterkaitan dengan isu HIV, seperti dinas pendidikan kemudian dinas sosial apa yang perlu dilakukan, dan beberapa yang memang kita harus clear kan dengan pemahaman tingkat stakeholder, ujar Akbar.

Lanjut Akbar, pemberian informasi dasar HIV kepada Pokja agar betul-betul melahirkan Pokja tanpa stigma dan sebagainya untuk clear kan dulu di sini, dan menyusun kerangka kerja atau rencana tindak lanjut (RTL), dengan berkolaborasi dengan SKPD, seperti dinas pendidikan, dinas sosial, dinas ketenagakerja, Bappeda, DP3A, MUI dan Media.

Sementara Zainal Mile Selaku, Fungsional perencana Analis Kebijakan Bappeda Kota Makassar mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan perencanaan bagaimana rencana Pokja dari masing-masing SKPD melaksanakan program kegiatannya yang sejalan dengan penanganan HIV Aids di kota Makassar, membuat komitmen dari pemangku kepentingan untuk memberikan atau bisa bersinergi dalam penanganan HIV Aids di kota Makassar.

"BAPEDA mendorong SKPD untuk menganggarkan di tahun depan untuk anggaran program HIV kemudian ada dari dinas tenaga kerja bagaimana kita melibatkan dinas tenaga kerja ini ikut andil agar tidak terjadinya pemutusan kerja kepada orang dengan HIV khususnya di tempat kerja kemudian ada dukcapil kita libatkan juga, bagaimana strategi advokasi nya untuk bekerja sama terkait pemenuhan hak identitas khususnya populasi kunci dan orang dengan HIV kemudian ada MUI lebih spesifik MUI ke pendekatan agamanya, dan pelibatan media untuk bagaimana penyambung lidahnya teman-teman NGO dan LSM HIV untuk penyebar informasi yang benar ke masyarakat, " ungkapnya.

Harapan kata Zainal kedepannya kegiatan-kegiatan ini bisa berjalan lebih intensif lagi terkhusus untuk pelaksanaan sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat mulai dari tingkat bawa dari mulai dari tingkat kelurahan jadi adanya sosialisasi sampai tingkat bawah sehingga apa yang di khawatirkan atau di cemaskan oleh masyarakat terkait dengan HIV ini bisa terjawab dan bisa tersosialisasi bagaimana penanganan HIV Aids di kota Makassar karena kondisi sekarang ini peningkatan angka HIV Aids di kota Makassar cukup drastis meningkat sehingga kami membutuhkan pelibatan dari semua stakeholder terutama dari masyarakat untuk penanganan dan pencegahan HIV Aids ini, "tutul Zainal.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm