11 Contoh Manfaat Penelitian beserta Penjelasan dan Jenisnya

13 Desember 2022 10:00 WIB
Ilustrasi Contoh Manfaat Penelitian
Ilustrasi Contoh Manfaat Penelitian ( Freepik.com)

Sonora.ID - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, penelitian adalah pemeriksaan yang teliti atau kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan.

Penelitian biasanya digunakan sebagai syarat untuk lulus dalam sebuah jenjang pendidikan atau dalam sebuah tes.

Di dalam penelitian biasanya dijabarkan juga manfaat dari penelitian yang dilakukan tersebut sehingga pada akhir penelitian bisa menjadi indikator apakah manfaat tersebut bisa didapatkan atau tidak.

Dikutip dari Gramedia.com, manfaat penelitian merupakan kontribusi penelitian yang kamu lakukan pada bidang keilmuan dipelajari, budaya, maupun masyarakat tertentu. 

Jenis manfaat penelitian dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Manfaat teoritis, biasanya dipilih ketika penulis ragu atau tidak puas pada suatu teori
  2. Manfaat praktis, menunjukkan bahwa penelitian yang kamu lakukan memecahkan masalah secara praktikal atau bisa juga menjadi alternatif solusi dari permasalahan penelitian.
  3. Manfaat akademis.

Baca Juga: Cara Mencari Jurnal Internasional dari Berbagai Sumber yang Terpercaya

Agar lebih jelas, berikut ini adalah 11 contoh manfaat penelitian:

  1. Menyumbangkan pemikiran terhadap perubahan cara belajar bahasa Indonesia pada siswa di Sekolah Menengah Pertama 12 Jakarta agar dapat berkembang sesuai kebutuhan siswa.
  2. Memberikan sumbangan ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama, yaitu menciptakan metode pembelajaran baru untuk menambah kosakata siswa.
  3. Menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan peningkatan kosakata bahasa Indonesia siswa Sekolah Menengah Pertama dan menjadi bahan kajian lebih lanjut.
  4. Menambah pengalaman dan wawasan kepada penulis tentang cara menambah kosakata bahasa Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi
  5. Menambah pengetahuan dan menyumbangkan pemikiran mengenai cara menambah kosakata bahasa Indonesia siswa kepada pendidik maupun calon pendidik.
  6. Memberikan kesempatan kepada peserta didik sebagai partisipan penelitian untuk mendapatkan pengalaman langsung tentang cara menambah kosakata bahasa Indonesia dengan memanfaatkan teknologi agar lebih menarik dan tidak monoton.
  7. Menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah dalam menyusun kurikulum serta program pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia yang tepat.
  8. Sebagai referensi kebijakan bagi Kementerian Pendidikan Indonesia dan Malaysia untuk menciptakan sistem pendidikan yang kondisional dan terbarukan dalam pembentukan generasi emas di perbatasan.
  9. Sebagai referensi bagi semua pihak yang bernaung di bawah dunia Pendidikan untuk menciptakan dan menerapkan Sistem Pendidikan Kombinasi Indonesia-Malaysia sebagai salah sistem pendidikan yang aplikatif dan efektif bagi pendidikan di perbatasan.
  10. Sebagai sumber dan bahan masukan bagi penulis lain untuk menggali dan melakukan eksperimen tentang sistem pendidikan dalam proses pembelajaran di Indonesia.
  11. Memberikan pemecahan masalah akibat semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil dengan menghasilkan sumber energi alternatif.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Musik dan Sumbangsihnya untuk Keseimbangan Fisik dan Mental

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm