PLN Gelar Sosialisasi Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Keselamatan Ketenagalistrikan

18 Desember 2022 12:20 WIB
PLN Gelar Sosialisasi Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Keselamatan Ketenagalistrikan
PLN Gelar Sosialisasi Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Keselamatan Ketenagalistrikan ( PLN UID Kalbar)

Ketapang, Sonora.ID - Tingkatkan pemahaman serta partisipasi masyarakat khususnya dalam menjaga keselamatan ketenagalistrikan dilingkungan masing-masing, PLN UP3 Ketapang gelar kegiatan sosialisasi di ruang pertemuan Hotel Aston, Jalan R. Soeprapto Ketapang pada Kamis, tanggal 8 Desember lalu.

Kegiatan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Ketapang, Akademisi, organisasi masyarakat, pelaku usaha, tokoh agama, dan rekan-rekan media.

"Kegiatan ini kami laksanakan agar semakin banyak warga masyarakat yang memahami betapa pentingnya menjaga keselamatan ketenagalistrikan, khususnya di lingkungan tempat tinggal masing-masing," terang Manager PLN UP3 Ketapang, Vicky Reandry Faradian.

Dikatakannya,  jaringan listrik PLN lebih banyak berada dilingkungan masyarakat, baik di rumah, di sekolah, di kantor, di pasar, dan lain-lain. Untuk itu diperlukan kepedulian masyarakat terhadap keberadaan listrik agar tidak terjadi hal-hal yang dapat berpotensi terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan jiwa.

Baca Juga: PLN Mobile Jadi Andalan Masyarakat Kota Singkawang

"Listrik itu milik kita bersama, karena kita juga yang menikmatinya. Jika melihat atau menemukan potensi terjadinya kecelakaan ketenagalistrikan, dapat segera melaporkan lewat contact center PLN 123 atau lewat aplikasi PLN Mobile," ucap Vicky.

Sementara itu, untuk meningkatkan pemahaman pekerja lapangan terhadap bahaya listrik, PLN UP3 Pontianak bekerjasama dengan PT iForte, perusahaan penyedia layanan telekomunikasi jaringan berbasis kabel fiber optic, gelar forum diskusi keselamatan ketenagalistrikan di Ruang Sinergi, Kantor PLN UP3 Pontianak.

"Forum diskusi ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai dan pekerja PT iForte terkait keselamatan ketenagalistrikan terutama saat bekerja memasang instalasi telekomunikasi disekitar jaringan listrik," ujar Syaiful Azhari Siregar, Manager PLN UP3 Pontianak.

Ia merinci potensi terjadinya kecelakaan listrik bagi pekerja antara lain ; Saat membangun tiang telekomunikasi disekitar jaringan listrik kurang dari 2,5 meter, saat menarik kabel optik agar tidak menyentuh kabel listrik yang mengakibatkan kabel terluka sehingga membahayakan pekerja, dan lain-lain.

Baca Juga: PLN Pastikan Ketersediaan Listrik di Singkawang Aman Hingga Tahun Baru

"Melalui forum diskusi ini, para pekerja dapat mengetahui potensi bahaya kelistrikan yang dapat mengancam jiwa. Jika terpaksa harus bekerja disekitar jaringan listrik, sebaiknya menghubungi kantor PLN layanan terdekat," jelas Syaiful.

Selanjutnya Ia berharap forum diskusi seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkala dengan melibatkan berbagai pihak terutama para pekerja yang  sifat kerjanya berhubungan dengan jaringan listrik PLN, sehingga mampu menekan potensi terjadinya kecelakaan ketenagalistrikan disekitar lingkungan masyarakat.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm