Tradisi Tahunan Malam Natal, Wali Kota dan Forkopimda Keliling Gereja Gaungkan Surabaya Kota Toleransi

26 Desember 2022 16:52 WIB
Tradisi Tahunan Malam Natal, Wali Kota dan Forkopimda Keliling Gereja Gaungkan Surabaya Kota Toleransi
Tradisi Tahunan Malam Natal, Wali Kota dan Forkopimda Keliling Gereja Gaungkan Surabaya Kota Toleransi ( Diskominfo Surabaya)

Surabaya, Sonora.ID – Sudah menjadi tradisi tahunan dalam setiap momen malam Natal di kota Surabaya.

Sejumlah perwakilan Forkopimda bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkeliling ke beberapa gereja untuk memastikan keamanan berlangsungnya peribadatan umat Kristiani menjelang dan saat Natal, Sabtu (24/12/2022) malam.

Wali Kota  menyerukan rasa tolerans. Bahkan, demi menunjukkan rasa toleransi itu, di sejumlah titik di Kota Surabaya dipasang ornamen-ornamen pohon natal dan di beberapa videotron Eri juga menyampaikan selamat natal dan tahun baru.

Eri juga memohon kepada jemaat Kristiani untuk ikut serta mendoakan Surabaya agar selalu dijauhkan dari bencana.

Pengecekan dilakukan Forkopimda ke beberapa gereja, mulai dari Gereja Bethany Nginden, GPIB Nazareth Jalan Wiratno Komplek AL Kenjeran, Gereja Sidang Jemaat Allah di Jalan Ambengan, Gereja Katedral di Jalan Polisi Istimewa, dan terakhir di Gereja Katolik Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria di Jalan Kepanjen.

“Jadi, setiap kali saya dan Forkopimda datang ke gereja-gereja tadi, saya menitipkan kepada mereka, semoga Surabaya ini dijauhkan dari bencana, dimunculkan guyub rukunnya dan ditinggikan rasa toleransinya, karena kita semua sadar bahwa kita semua ini satu dan sama, yaitu di bawah NKRI,”tegas Wali Kota Eri.

Baca Juga: Syarat Naik Kereta Api Sekarang untuk Nataru, Cek Update Terbaru Sebelum Bepergian!

Ia juga menjelaskan bahwa kunjungannya ke beberapa gereja pada malam natal itu untuk melihat dan memastikan pelaksanaan natal di masing-masing gereja berjalan lancar, aman dan nyaman untuk para jemaatnya.

Di beberapa gereja yang dikunjunginya, ada yang melaksanakan natal malam ini (24/12) dan ada pula yang akan melaksanakan natal Minggu besok (24/12).

Eri merasa bangga karena yang ikut menjaga gereja adalah teman-teman dari umat muslim, ada dari Hindu, dan juga dari pramuka, serta ormas lainnya.

Makanya, ia berharap nanti ketika Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha, yang ikut menjaga pelaksanaan itu adalah teman-teman pemuda gereja.

“Jadi, setelah sholat Idul Adha misalnya, lalu kita potong hewan kurban dan makan bersama-sama. Itu akan indah dan inilah keindahan yang harus terus kita jaga dan toleransi yang harus kita jaga Kota Surabaya ini, karena warga Surabaya sejatinya sudah melakukan apa itu toleransi beragama,”tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pastor Kepala Paroki Gereja Katedral Romo Cornelius Tri Widya Cahya Utama juga sangat merasakan rasa toleransi yang terus digaungkan di Kota Surabaya.

Seperti memasang ornamen pohon natal di berbagai titik oleh pemkot. Baginya, segala perbedaan bisa disatukan dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Wali Kota bersama Forkopimda Surabaya yang telah mengunjungi tempat ibadahnya. Tentunya, ini semakin menguatkan rasa toleransi di Kota Pahlawan.

“Iya kami sangat bersyukur, ada teman-teman mahasiswa dari IAIN menyaksikan prosesi perayaan natal di gereja. Kita juga gembira saat Idul Fitri jadi hari keagamaan yang lain juga,” pungkasnya.

Baca Juga: Libur Nataru, Polisi Pastikan Jalur Pantura Kanci Lancar Meski Ada Pemasangan Girder Jembatan CH

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm