Berjalan dan Bertumbuh Dalam Kasih Bina Iman Katolik Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Sleman

8 Januari 2023 12:02 WIB
Caption foto :  Mgr Robertus Rubiyatmoko berdialog dengan para siswa Katolik tingkat SD se-Kabupaten Sleman   Sumber foto : Panitia
Caption foto : Mgr Robertus Rubiyatmoko berdialog dengan para siswa Katolik tingkat SD se-Kabupaten Sleman Sumber foto : Panitia ( )

Sonora.ID - Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Katolik (KKG PAKat) Sekolah Dasar/SD Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bina Iman dalam rangka Perayaan Natal tahun 2022.
 
Misa Raya dengan tema ”Berjalan dan Bertumbuh Dalam Kasih Kristus” dilaksanakan di kompleks Seminari Tinggi Santo Paulus Jalan Kaliurang (Sabtu, 7/01/2023) dipimpin Mgr. Robertus Rubiyatmoko (Uskup Keuskupan Agung Semarang) dan didampingi Pastor Adrianus Maradiyo, Pr (Vikep Kevikepan Jogja Timur) dan  Pastor Paulus Erwin Sasmita, Pr (Staf Seminari Tinggi Santo Paulus).
 
Sekitar 1200 siswa Katolik dari berbagai Sekolah Dasar Negeri dan Yayasan di Kabupaten Sleman memeriahkan acara ini. 
 
Albertus Sudarto, selaku Ketua Panitia, menyebutkan, “Kegiatan ini bertujuan menumbuhkembangkan iman anak, menjalin relasi anak-anak sebaya seiman dari berbagai sekolah dasar se Kabupaten Sleman bersama Uskup Keuskupan Agung Semarang, dan mengajak anak untuk mengenal hidup membiara di lingkungan Gereja Katolik.”  
 
Baca Juga: Natal Oikumene Kristen-Katolik Sumsel Akan Digelar 6 Januari 2023

Dalam khotbah yang disampaikan, Mgr. Robertus Rubiyatmoko berdialog dengan para siswa.

Uskup Keuskupan Agung Semarang mengungkapkan, “Luar biasa yang hadir di Kapel Seminari Tinggi Santo Paulus ini.
 
Bagaimana perasaan anak-anak bertemu dengan teman sebanyak ini?
 
Semua bersukacita?” Lebih lanjut, Mgr. Robertus Rubiyatmoko mengatakan, “Kita bersama Gereja Katolik merayakan Penampakan Tuhan (Epifani) kepada Orang dari Timur. Mgr. Robertus Rubiyatmoko juga bertanya jawab dengan anak-anak tentang siapa nama tiga orang majus dari Timur, apa yang dibawa dan dipersembahkan tiga orang majus dari Timur untuk kanak-kanak Yesus.
 
Dialog antara Uskup dengan siswa  Sekolah Dasar Negeri dan Yayasan di Kabupaten Sleman semakin meriah dan semarak ketika Uskup membagikan bingkisan kepada para siswa. 
 
Baca Juga: Berhasil Turunkan Angka Stunting di Medan, PMKRI Apresiasi Walikota Medan

Rangkaian Misa Akbar dilanjutkan dengan dialog antara Uskup Keuskupan Agung Semarang dengan Pembimas Katolik Kementerian Agama DIY, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, perwakilan Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Katolik, Biarawan dan biarawati serta Kepala Sekolah dari Sekolah Yayasan Katolik.

CB. Ismulyadi, Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman menyampaikan situasi kependidikan, secara khusus terkait Guru Pendidikan Agama Katolik di wilayah Kabupaten Sleman.
 
Menurut CB. Ismulyadi, “Guru  Pendidikan Agama Katolik tingkat Sekolah Dasar yang menginduk pada Kementerian Agama berjumlah 21 guru. 
 
Guru  Pendidikan Agama Katolik tingkat Sekolah Dasar yang menginduk pada Kementerian Agama berjumlah 21 guru.
 
Guru  Pendidikan Agama Katolik tingkat Sekokah Dasar yang menginduk pada Dinas Pendidikan Kabupaten berjumlah 6 guru.
 
Guru  Pendidikan Agama Katolik berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 1 guru, dan Guru Pendidikan Agama Katolik bukan PNS  sebanyak  26  guru.”
 
“Sementara itu, Guru Pendidikan Agama Katolik pun setiap tahun akan semakin berkurang karena memasuki masa purna karya,” tambah CB. Ismulyadi. 
 
Kristoforus Sinselius, Pembimas Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, menyampaikan, “Kegiatan bina iman Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Sleman ini sangat luar biasa. Acara ini bisa menjadi contoh dan gerakan bersama baik di kota maupun kabupaten lain.”
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.