10 Contoh Teks Ulasan Film Beserta Strukturnya, Materi Bahasa Indonesia

9 Januari 2023 09:00 WIB
ilustrasi, Contoh Teks Ulasan Film Beserta Strukturnya
ilustrasi, Contoh Teks Ulasan Film Beserta Strukturnya ( Kontan)

Sonora.ID - Salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan di bangku sekolah adalah tentang teks ulasan. Kali ini akan diberikan contoh teks ulasan film beserta strukturny agar dapat dipahami oleh siswa.

Teks ulasan merupakan teks yang memuat tinjauan, ulasan, dan evaluasi terhadap suatu karya. Demikian dijelaskan Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018).

Untuk menyusun teks ulasan, biasanya digunakan kata kerja (verba), istilah khusus, sinonim dan antonim, nomina, dan konjungsi.

Salah satu jenis teks ulasan yang bisa dijadikan contoh adalah film.

Sebagian besar orang pasti pernah menonton film. Setelah menonton, biasanya kita akan langsung menilai apakah film yang diputar bagus atau tidak. Nah, itu tadi sebenarnya sudah termasuk membuat ulasan.

Adapun kali ini ulasan tersebut disusun dalam sebuah teks berstruktur yang memuat beberapa hal:

  • Identitas: berisi judul film, genre, sutradara, aktor serta aktris pemeran, hingga tahun rilis suatu film. 
  • Orientasi: berisi gambaran singkat dari film yang akan diulas. 
  • Tafsiran: berisi sinopsis film yang diulas dan juga ide-ide yang disampaikan pada film. Dalam tafsiran dituliskan garis besar alur film dan juga konflik-konflik yang terjadi di dalamnya. 
  • Evaluasi: berisi pandangan penulis ulasan terhadap film tersebut. Dari mulai kelebihan, kekurangan, dan juga kualitas film tersebut. 
  • Rangkuman: kesimpulan isi film dan juga pendapat pribadi apakah film terkait bagus untuk ditonton atau tidak

Baca Juga: 5 Contoh Teks Ulasan Singkat beserta Strukturnya, Materi Bahasa Indonesia 

Berikut beberapa contoh teks ulasan film yang bisa dijadikan referensi:

1. Contoh Teks Ulasan Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Judul Film: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Sutradara: Sunil Soraya

Pemain: Pevita Pearce, Herjunot Ali, Reza Rahadian

Orientasi: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah sebuah film adaptasi dari sebuah novel klasik Indonesia karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013 dan dibintangi oleh artis berbakat seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahadian. Film ini juga disutradarai oleh Sunil Soraya dan menjadi salah satu karya suksesnya di tahun 2013.

Tafsiran: Film ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan Zainudin pada tahun 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Di sana ia bertemu dengan Hayati dan langsung jatuh hati.

Evaluasi: Alur cerita terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas, karena melodi yang digunakan terkesan modern.

Rangkuman: Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan seperti dari alur cerita yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum yang apik membuat film ini menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2013.

2. Contoh Teks Ulasan Film: 5 CM

Judul: 5 CM yang disutradarai oleh Rizal Mantovani

Orientasi: Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 CM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Film ini dirilis pada 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama, yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Shah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

Tafsiran: Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana, namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm