Recount Text: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh

10 Januari 2023 13:15 WIB
Recount Text: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh
Recount Text: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh ( Sonora.ID)

Sonora.ID - Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, salah satu materi yang akan sering dijumpai siswa dalam soal ujian adalah recount text.

Recount text merupakan salah satu jenis teks yang menceritakan tentang suatu tindakan maupun kegiatan penulis atau tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Demikian pengertian dari Recount text seperti dikutip dari Gramedia.com.

Pada umumnya, teks ini dibuat untuk memberikan informasi atau menghibur para pembaca.

Untuk memudahkan memahaminya, ada beberapa ciri-ciri recount text antara lain:

  • Menggunakan kalimat past tense atau lampau. 
  • Menggunakan part of speech adverb serta adverbial untuk menjelaskan waktu, tempat serta cara. Contohnya last August, Bogor, at school, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan part of speech conjunction serta time connectives untuk mengurutkan peristiwa serta kejadian yang ada dalam cerita agar terbentuk satu naskah yang padu. Contohnya seperti and, after, the, that, before dan lain sebagainya.  

Baca Juga: Analytical Exposition Text: Pengertian, Struktur dan Contohnya 

Struktur Recount Text

Teks ini memiliki tiga struktur utama atau generic structure yaitu:

  1. Orientation, memuat informasi tentang tokoh, tempat kejadian, kapan kejadian berlangsung dan lain sebagainya dengan tujuan memberikan informasi agar pembaca dapat memahami alur cerita yang disampaikan oleh penulis.
  2. Events, adalah isi teks yang memuat informasi tentang kejadian maupun pengalaman yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.
  3. Reorientation, berisi kesimpulan maupun rangkuman atau pengulangan informasi yang ada pada struktur orientation.

Contoh Recount Text

Untuk lebih memahami materinya, ada beberapa contoh recount text:

1. My Brother Sick

It was about 7.00 p.m. I was studying when my brother, Yuda, suddenly vomited.

My mother and I panicked, so we took him to nearest clinic. When we arrived there, some nurse laid him on a bed. They took him to the doctor’s room. Then the doctor asked some question to my mother.

Finally the doctor said that Yuda would be fine by dinner time. He told Yuda to eat nutritious food. The food had contain carbohydrates, proteins, vitamins, and minerals.

My mother looked very relieved because Yuda was not serious ill.

Terjemahan:

Kakak Laki-laki Sakit

Saat itu sekitar jam 7 malam. Saya sedang belajar ketika kakak saya, Yuda, tiba-tiba muntah.

Saya dan ibu saya panik, jadi kami membawanya ke klinik terdekat. Ketika kami tiba di sana, beberapa perawat membaringkannya di atas kasur. Mereka membawanya ke ruang dokter. Kemudian dokter menanyakan beberapa pertanyaan kepada ibu saya.

Akhirnya dokter mengatakan bahwa Yuda akan baik-baik saja saat makan malam. Dia menyuruh Yuda makan makanan bergizi. Makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Ibuku terlihat sangat lega karena Yuda tidak sakit parah.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.