Presiden Jokowi Sambut Minat Investor Malaysia dalam Pembangunan IKN

10 Januari 2023 14:31 WIB
Presiden Jokowi Sambut Minat Investor Malaysia dalam Pembangunan IKN
Presiden Jokowi Sambut Minat Investor Malaysia dalam Pembangunan IKN ( )

Sonora.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (09/01/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyambut baik minat para investor Malaysia untuk ikut pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“"11 letter of intent telah ditandatangani sektor swasta Malaysia dan diserahkan ke Otorita IKN yang bergerak di bidang elektronik, kesehatan, pengelolaan limbah, konstruksi, dan properti," ucap presiden dalam sambutannya melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Selain itu, kata Presiden, terdapat penandatanganan memorandum (MOU) saling pengertian, yaitu di bidang perkapalan, pembiayaan ekspor-impor, energi hijau, pengembangan industri baterai, dan lain-lain.

Lebih lanjut, presiden juga menyambut baik PM Anwar Ibrahim untuk melindungi pekerja migran Indonesia (PMI) yang ada di Malaysia dan berharap penerapan One Channel System (OCS) dapat dijalankan secara bersama.

Baca Juga: Menampung Tingginya Minat Investasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN

“Saya sangat berharap One Channel System (OCS) untuk perekrutan dan penempatan pekerja migran Indonesia benar-benar bisa kita jalankan bersama,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan kembali mengenai pentingnya pembangunan community learning center di Semenanjung untuk memenuhi hak pendidikan anak-anak pekerja migran Indonesia.

Kemudian terkait masalah perbatasan, kedua pemimpin sepakat untuk memastikan kesepakatan terkait perbatasan darat Sebatik, perbatasan darat Sinapad Sesai, serta perbatasan laut di Laut Sulawesi dan Selat Malaka dapat ditandatangani tahun ini.

“Tadi kita telah membicarakan dan bersepakat agar MoU perbatasan darat segmen Sebatik dan segmen Sinapad Sesai dapat ditandatangani tahun ini. Dan, juga perjanjian laut wilayah di Laut Sulawesi dan di Selat Malaka bagian selatan juga bisa disepakati tahun ini,” tutur presiden.

Baca Juga: Sampaikan Progres Pembangunan IKN, Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat Kalimantan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm