6 Contoh Factual Report Text Lengkap dengan Arti dan Pembahasannya

12 Januari 2023 10:24 WIB
Contoh factual report text.
Contoh factual report text. ( Unsplash)

Sonora.ID - Materi bahasa Inggris kali ini kita akan membahas mengenai pengertian hingga beberapa contoh factual report text.

Sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan factual report text itu?

Factual report text adalah salah satu jenis teks yang berisi tentang deskripsi sesuatu hal atau benda sesuai dengan kaidah ilmiah. Deskripsi tersebut harus sesuai dengan fakta, teori, data-data yang ada.

Teks ini pun disusun untuk mempresentasikan sesuatu hal dan menjelaskan sebuah fakta. Selain itu, teks ini juga berfungsi sebagai pendukung sebuah karya ilmiah.

Karakteristik Factual Report Text

Sama seperti halnya jenis teks lainnya, factual report text juga memiliki karakteristik yang membedakannya dengan teks lainnya.

Ciri-ciri atau karakteristik teks factual report ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan kata kerja yang berhubungan.
  • Menggunakan conditional logical conjunction, misalnya, in addition, when, so.
  • Menggunakan kata benda umum.
  • Menggunakan simple present tense.
  • Menyajikan data, foto sebagai bahan pendukung.
  • Menjelaskan sebuah kelompok.
  • Berisi fakta ilmiah.
  • Menampilkan judul yang umum.

Baca Juga: 10 Contoh Analytical Exposition Lengkap dengan Penjelasan Strukturnya

Contoh Factual Report Text

Berikut ini pun beberapa contoh factual report text sebagai bahan untuk belajar.

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) is one of the technological developments that plays an important role in human life.

You can find AI in Siri and Google’s virtual assistant. Artificial intelligence (AI) is not new and has been developed for a long time. Because AI is a simulation of human intelligence which is represented in the form of a programmed machine.

So AI is a computer system that is able to do work that is generally done by humans using power or intelligence. AI is a technology that requires data to be turned into knowledge, just like humans.

Important points in the AI ​​development process are learning, reasoning and self-correction. AI itself needs to learn in order to enrich its knowledge and be able to perform human tasks.

In addition, AI is also used for various human needs today and with AI all human life becomes easier. Now AI can be found anywhere with various existing facilities.

The closest example to humans is the use of a smart home system, where humans no longer need to turn on the lights but this artificial intelligence will turn on the lights using motion sensors.

(Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu perkembangan teknologi yang berperan penting dalam kehidupan manusia.

Anda dapat menemukan AI di Siri dan asisten virtual Google. Kecerdasan buatan (AI) bukanlah hal baru dan telah dikembangkan sejak lama. Karena AI merupakan simulasi kecerdasan manusia yang direpresentasikan dalam bentuk mesin yang terprogram.

Jadi AI adalah sistem komputer yang mampu melakukan pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh manusia dengan menggunakan tenaga atau kecerdasan. AI adalah teknologi yang membutuhkan data untuk diubah menjadi pengetahuan, sama seperti manusia.

Poin penting dalam proses pengembangan AI adalah pembelajaran, penalaran, dan koreksi diri. AI sendiri perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya dan mampu melakukan tugas-tugas manusia.

Selain itu AI juga digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia saat ini dan dengan AI semua kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Kini AI bisa ditemukan dimana saja dengan berbagai fasilitas yang ada.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm