17 Contoh Teks Narasi, Lengkap dengan Jenis dan Strukturnya

25 Januari 2023 11:26 WIB
Ilustrasi contoh teks narasi beserta jenis dan strukturnya.
Ilustrasi contoh teks narasi beserta jenis dan strukturnya. ( Pixabay/Anja)

Sonora.ID - Simak contoh teks narasi beserta jenis dan strukturnya yang dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk belajar.

Menurut Widjono (2007), teks narasi didefinisikan sebagai sebuah uraian yang menceritakan tindakan, keadaan, atau kejadian secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.

Salah satu tujuan teks narasi yakni agar pembaca dapat merasakan hal yang terjadi di teks narasi tersebut.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Narasi Bahasa Jawa, Lengkap dengan Urutan Menulisnya

Struktur Teks Narasi

Struktur yang membentuk teks narasi terdiri dari orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Berikut penjelasannya. 

  1. Orientasi: Bagian pengenalan cerita di mana penulis memberi informasi tentang latar dan pengenalan tokoh.
  2. Komplikasi: Masalah atau konflik yang mulai terjadi hingga akhirnya mencapai puncak konflik.
  3. Resolusi: Menunjukkan adanya penurunan konflik, di mana solusi atau penyelesaian masalah mulai terlihat, hingga menemukan sebuah akhir.
  4. Koda: Berisi pesan moral atau amanat dari kisah yang disampaikan. Umumnya, koda dituliskan sebagai penutup cerita dan sifatnya opsional.

Jenis-Jenis Teks Narasi

Teks narasi berdasarkan jenisnya terbagi menjadi tiga, yakni narasi ekspositoris atau informatif, narasi artistik, dan narasi sugestif.

  1. Narasi Ekspositoris atau Informatif: Bertujuan menyampaikan informasi dengan menjelaskan sebuah peristiwa.
  2. Narasi Artistik: Bersifat fiksi maupun nonfiksi, biasanya mengisahkan suatu cerita untuk menghibur serta memberikan pengalaman estetik kepada pembaca.
  3. Narasi Sugestif: Menceritakan sesuatu dengan maksud untuk mempengaruhi pembacanya dengan memberi sugesti berupa pengaruh atau pandangan.

Contoh Teks Narasi

Agar lebih memahami materi teks narasi, simak sejumlah contohnya di bawah ini dirangkum dari Gramedia dan Kompas.com.

Contoh 1

Di Aachen, saya tinggal di Jalan Preubweg No. 123, sebuah apartemen kecil terdiri atas kamar tidur, kamar tamu, dapur kecil dan kamar mandi, di atas garasi untuk tiga mobil keluarga Goldman seorang pengusaha percetakan buku. Rumah keluarga Goldman sangat indah, halaman dan kebunnya besar dengan pemandangan yang indah pula. Daerah rumah “Villa Goldman” termasuk mewah di daerah elit Aachen. Saya mendapat alamat tersebut atas rekomendasi Profesor Dr. Ing. Hans Ebner sejak bulan Agustus 1960. Saya bekerja sebagai asistennya selain sebagai peneliti. Diambil dari buku Habibie & Ainun (2010).

Baca Juga: 3 Contoh Teks Narasi Bahasa Jawa, Lengkap dengan Urutan Menulisnya

Contoh 2

Suatu hari, kantor tempat saya bekerja, menugaskan saya untuk melakukan kunjungan ke Auckland yang merupakan kota terbesar di Selandia Baru. Perjalanan yang tak bisa saya lupakan ini terjadi di bulan Maret tahun 2020. Selain kunjungan dinas, saya juga sempat berkunjung ke Queenstown.

Queenstown adalah daerah yang lokasinya berada di antara perbukitan dan tidak terlalu memiliki nilai ekonomi. Cukup berbeda dengan kota Auckland san Wlington yang ada di tepi pantai. Di Queenstown hanya ada satu danau berbentuk “S” yang bernama Wakatipu dan sebuah lahan luas tempat masyarakat menggembala hewan ternak maupun bercocok tanam.

Contoh 3

Pada tanggal 10 November, pertempuran Surabaya untuk mengusir penjajah dari Indonesia akhirnya meletus. Pembunuhan Brigadir Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris, menjadi penyulut perang ini.

Tentara Inggris yang marah lantas memberikan ultimatum kepada para pejuang yang ada di Surabaya untuk menyerah. Namun rakyat Surabaya enggan menyerah, mereka justru membentuk milisi perjuangan dan melawan tentara Inggris yang mengancam akan melakukan penyerangan.

Tentara Inggris dan sekutunya lantas marah besar setelah mengetahui ultimatum nya ditolak. Pada tanggal 10 November pagi, mereka menyerang rakyat Surabaya lewat darat, laut, dan udara. Tak tanggung-tanggung, mereka mengerahkan 30.000 infanteri, sejumlah tank, pesawat terbang, hingga kapal perang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.