5 Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor yang Sesuai dengan Struktur

27 Januari 2023 17:30 WIB
Contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor.
Contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor. ( SmartFM Makassar)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA/MA, teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang berisi mengenai proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan lainnya bisa terjadi.

Teks ini memiliki beberapa ciri, yaitu menjelaskan suatu fenomena tersebut bisa terjadi, memuat penjelasan yang bersifat ilmiah serta sistematis, dan memaparkan urutan kejadian tentang proses fenomena tersebut terjadi.

Selanjutnya, sebuah teks eksplanasi biasanya juga memiliki struktur yang menyusunnya. Secara umum struktur teks ini adalah sebagai berikut.

  • Judul.
  • Pernyataan umum berisi definisi fenomena, karakteristik umum hingga alasan fenomena tersebut bisa terjadi.
  • Urutan proses terjadinya fenomena.
  • Simpulan atau penutup yang dapat berisikan simpulan, opini penulis terkait dengan fenomena yang dijelaskan.

Berikut ini pun kumpulan contoh teks eksplanasi tentang peristiwa tanah longsor sebagai bahan untuk belajar.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Contoh 1

Tanah Longsor

Tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. 

Faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh.

Diantaranya erosi, lereng dari bebatuan dan tanah yang  diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat, dan gunung berapi yang menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm