Ini Dia 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Asam Lambung Kambuh, Sering Disepelekan padahal Berbahaya!

29 Januari 2023 17:05 WIB
Ilustrasi, 5 kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh
Ilustrasi, 5 kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh ( Freepik)

Sonora.ID - Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh, sering disepelekan padahal berbahaya!

Penyakit asam lambung (GERD) merupakan sebuah kondisi cairan dan isi dari lambung kembali naik ke kerongkongan hingga bagian organ mulut. Ini disebabkan oleh kendurnya katup yang memisahkan antara lambung dengan kerongkongan.

Asam lambung menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya, seperti rasa nyeri pada dada ketika cairan tersebut naik (heartburn) dan rasa pait juga asam yang mendominasi bagian mulut.

Tentu, asam lambung akan mengganggu aktivitas sehari-hari ketika sedang kambuh. Oleh karena itu, penderitanya harus sangat memperhatikan kebiasaan sehari-hari agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh:

Baca Juga: 3+ Titik Pijat Sesak Nafas karena Asam Lambung Naik, Dijamin Meredakan

1. Terlalu Banyak Makan

Berdasarkan penjelasan dr. Santi di program Health Corner milik Sonora FM, kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh pertama adalah terlalu banyak makan.

Hal ini disebabkan oleh perut yang menjadi renggang, sehingga menyebabkan tekanan terjadi kepada sfingter esofagus bagian bawah (LES).

LES merupakan katup yang memisahkan lambung dengan kerongkongan. Oleh karena itu, tekanan yang terjadi pada bagian LES akan menyebabkan kebocoran yang membuat cairan dan isi lambung naik ke kerongkongan.

Jadi, hindari makan terlalu banyak. Kurangi juga makan terlalu banyak karbohidrat agar tidak menyebabkan kembung pada bagian lambung yang dapat menyebabkan kebocoran.

 

2. Stres

Stres yang memang menjadi salah satu penyebab utama dari berbagai penyakit ternyata juga dapat membuat seseorang terkena asam lambung.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Roswllness, stres dapat meningkatkan produksi dari hormon kortisol yang akan memengaruhi sistem pencernaan seseorang.

Oleh karena itu, seseorang yang sedang stres akan cenderung terkena asam lambung.

3. Tidur Sehabis Makan

Kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh selanjutnya adalah tidur sehabis makan.

Selain bikin perut membuncit, tidur sehabis makan juga dapat menyebabkan seseorang terkena asam lambung.

Tidur dengan posisi berbaring akan membuat asam lambung naik melewati LES hingga ke bagian kerongkongan, sehingga terjadilah heartburn yang membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Jika memang terpaksa harus tidur tepat setelah makan, maka posisi berbaring harus menghadap ke kiri agar cairan dalam lambung dapat tetap diam pada bagiannya.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru yang Wajib Diatasi Segera

4. Minum Kopi Berlebihan

Menurut sebuah studi, meminum kopi secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena asam lambung.

Kopi yang mengandung kafein dapat membuat LES menjadi lemah dan membuat katup tersebut menjadi sangat rentan dalam menjaga agar cairan dan isi lambung tidak naik ke kerongkongan.

Nah, buat para penikmat senja harus mulai hati-hati karena kandungan kafein sangat berbahaya bagi kesehatan lambung.

5. Merokok

Berdasarkan penjelasan dr. Santi, nikotin yang ada pada kandungan rokok dapat membuat LES menjadi kendur dan menyebabkan asam lambung naik.

Ini disebabkan oleh asap rokok yang dihirup oleh seseorang masuk sebagian ke bagian kerongkongan dan lambung melalui mulut, sehingga memengaruhi fungsi dari LES yang menahan asam lambung untuk tidak naik.

Itu adalah 5 kebiasaan yang menyebabkan asam lambung kambuh. Mulai sekarang, atur pola hidup yang baik agar tidak terkena asam lambung di kemudian hari.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm