5 Contoh Essay Bahasa Inggris, Lengkap dengan Cara Menulisnya yang Benar

30 Januari 2023 10:15 WIB
Ilustrasi contoh essay Bahasa Inggris
Ilustrasi contoh essay Bahasa Inggris ( unsplash.com)

Sonora.ID - Artikel kali ini akan mengulas tentang contoh essay Bahasa Inggris yang sudah lengkap dengan panduan cara menulisnya yang benar.

Essay menjadi salah satu media untuk membuktikan kemampuan menulis seseorang dengan bahasa tertentu dan kerap menjadi syarat administratif di lingkunga pendidikan dan profesional.

Sebagai karya tulis pendek yang dapat mewakili opini atau pendapat penulis pada suatu isu, karya ini dapat bersifat formal dan informal.

Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara menulis essay yang benar agar opini yang dituliskan dapat relevan dengan isu yang ada, yaitu dengan langkah-langkah:

  1. Tentukan topik, Anda bisa menentukan topik dengan mengetahui bidang yang diminati, pertanyaan apa yang muncul saat Anda memikirkan bidang tersebut, dan hasil apa yang Anda harapkan dari topik tersebut.
  2. Buat kerangka berpikir, framework atau kerangka ini sangat penting untuk mengembangkan ide dan dapat dibuat berdasarkan acuan 5W+1H.
  3. Lakukan riset dan temukan jurnal, Anda wajib melakukan riset untuk menemukan jurnal yang mampu mendukung opini agar lebih valid dan kredibel.
  4. Susun outline dari essay yang ingin ditulis, outline dapat membantu Anda menulis dengan struktur yang lebih rapi dan tidak bertele-tele.
  5. Gunakan teknik general to specific dalam menulis essayteknik ini akan membantu Anda menuliskan essay dengan lebih mengerucut dari pembahasan paling umum sampai inti dari isu yang ingin Anda komentari
  6. Lakukan proofread setelah menulis, ini merupakan langkah penting terakhir untuk menghindari kesalahan penulisan dan penyampaian opini sudah cukup koheren, terstruktur, serta berkesinambungan satu sama lain.

Setelah mengetahui cara menulis karya guna menyampaikan opini tersebut, Anda bisa menyimak 5 contoh essay Bahasa Inggris berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber agar lebih memahami struktur dan penulisannya.

Baca Juga: 7 Contoh Review Text Bahasa Inggris Beserta Pengertian dan Strukturnya, Lengkap!

1. Contoh Essay I

As online learning becomes more common and more and more resources are converted to digital form, some people have suggested that public libraries should be shut down and, in their place, everyone should be given an iPad with an e-reader subscription.

Proponents of this idea state that it will save local cities and towns money because libraries are expensive to maintain. They also believe it will encourage more people to read because they won’t have to travel to a library to get a book; they can simply click on what they want to read and read it from wherever they are. They could also access more materials because libraries won’t have to buy physical copies of books; they can simply rent out as many digital copies as they need.

However, it would be a serious mistake to replace libraries with tablets. First, digital books and resources are associated with less learning and more problems than print resources. A study done on tablet vs book reading found that people read 20-30% slower on tablets, retain 20% less information, and understand 10% less of what they read compared to people who read the same information in print. Additionally, staring too long at a screen has been shown to cause numerous health problems, including blurred vision, dizziness, dry eyes, headaches, and eye strain, at much higher instances than reading print does. People who use tablets and mobile devices excessively also have a higher incidence of more serious health issues such as fibromyalgia, shoulder and back pain, carpal tunnel syndrome, and muscle strain. I know that whenever I read from my e-reader for too long, my eyes begin to feel tired and my neck hurts. We should not add to these problems by giving people, especially young people, more reasons to look at screens.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm