7 Contoh Review Text Bahasa Inggris Beserta Pengertian dan Strukturnya, Lengkap!

30 Januari 2023 08:30 WIB
Contoh Review Text Bahasa Inggris
Contoh Review Text Bahasa Inggris ( Pixabay)

Sonora.ID - Salah satu materi bahasa inggris yang perlu dipahami adalah review text. Simak ulasan pengertian, struktur dan contoh review text dalam bahasa Inggris berikut ini.

Review text merupakan salah satu jenis teks bahasa inggris yang bertujuan untuk memberikan review atau penilaian atas suatu karya, baik film, buku, musik, video, atau bahkan produk keluaran terbaru.

Seperti namanya, jenis teks ini memuat opini penulis sehingga sifatnya sangat subjektif.

Review text bertujuan mengulas dan mengkritik atau mengevaluasi sebuah peristiwa atau suatu karya akan dibaca oleh khalayak umum.

Sebuah review text memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Orientation. Menjelaskan informasi awal atau latar belakang umum karya yang akan diulas
  2. Evaluations. Menjelaskan detail karya yang sedang dievaluasi, misalnya bagian/bentuk, keunikan, arau kualitas di suatu produk atau karya. Jika mengulas sebuah buku atau film, bisa juga menjelaskan soal karakter, plot, dan lain sebagainya yang ada di dalam karya-karya tersebut. Bisa juga membuat perbandingan dengan karya lain seperti pro dan kontra atau rekomendasi untuk pembaca.
  3. Evaluative Summation. Di bagian akhir teks, bisa membuat kesimpulan. Bagian ini memuat opini dari penulis, termasuk kritikan atau masukan terhadap karya tersebut.

Untuk lebih mudahnya, berikut adalah beberapa contoh review text yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga: 5 Contoh Descriptive Text Bahasa Inggris Beserta Struktur dan Artinya

1. Contoh Review Text Film Parasite (2019):

Parasite (2019) is a South Korean movie which tells about the difference of social class in society. The story is about two different families whose social status are very different.

This film is considered as a great film that it wins Palme d’Or at Cannes film festival. Director Bong Joon-Ho takes us to live the life of a poor Ki-Taek’s family, then asks us to see how luxury Mr. Park’s family is. At first, Parasite presents social inequality with comedy. However, the climax will got us into a thrill.

The characters are well performed by the actors and actresses. Each of them has their unique role to make this film worth to watch more than two hours. Ki-woo (Choi Woo-sik) and Ki-jung (Park So-dam), siblings who play a lot of sense, give deep impression to the audiences and the innocent Mrs. Park (Jo Yeo-jeong) successfully portray the rich lady in Korean society. The cinematography is also well-crafted to help the audiences see different conditions in different perspectives. The sound and lighting are perfectly support each scene. Moreover, the dialogues are well-written and manages to steal the audience's attention because there are many philosophical lines that we can take the meaning of.

In the end, Parasite is a great Korean movie to enjoy since it describes something close to our lives, which is social class, but it is made in different way and out of the box. No wonder this film got many awards after its release.

Artinya:

Parasite (2019) adalah sebuah film dari Korea Selatan yang menceritakan tentang perbedaan kelas sosial dalam masyarakat. Cerita tersebut tentang dua keluarga berbeda yang status sosialnya sangat berbeda.

Film ini dianggap sebagai film hebat yang memenangkan Palme d'Or di festival film Cannes. Sutradara Bong Joon-Ho membawa kita untuk menjalani kehidupan keluarga Ki-Taek yang malang, lalu meminta kita untuk melihat betapa mewahnya keluarga Tuan Park. Parasite awalnya menghadirkan ketimpangan sosial dengan komedi. Namun, klimaksnya akan membuat kita gemetar.

Karakternya dibawakan dengan baik oleh para aktor dan aktris. Masing-masing memiliki peran unik yang membuat film ini layak ditonton lebih dari dua jam. Ki-woo (Choi Woo-sik) dan Ki-jung (Park So-dam), saudara kandung yang memainkan banyak akal, memberikan kesan yang dalam kepada penonton dan Nyonya Park (Jo Yeo-jeong) yang lugu berhasil memerankan wanita kaya dalam masyarakat Korea. Sinematografinya juga dibuat dengan baik untuk membantu penonton melihat kondisi yang berbeda dalam perspektif yang berbeda. Suara dan pencahayaan sangat mendukung setiap adegan. Apalagi dialognya ditulis dengan baik dan berhasil mencuri perhatian penonton karena ada banyak dialog filosofis yang bisa kita ambil maknanya.

Pada akhirnya, Parasite adalah film Korea yang bagus untuk dinikmati karena menggambarkan sesuatu yang dekat dengan kehidupan kita, yaitu kelas sosial, tetapi dibuat dengan cara yang berbeda dan out of the box. Tak heran jika film ini mendapat banyak penghargaan setelah dirilis.

2. Contoh Review Text Novel: Laskar Pelangi

Laskar Pelangi (Rainbow Troops) is a fictional novel by Andrea Hirata. In 2008, this novel was adapted into a movie with the same title. The movie was directed by Riri Riza.

The Laskar Pelangi novel tells a story of 10 elementary school students in Gantong Village, Bangka Belitung Province. The novel describes the real condition of the poor villagers. Happiness and sadness are mixed together. No wonder so many people cry when reading the novel.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.