5 Contoh Sambrama Wacana Bahasa Bali Lengkap dengan Beragam Tema

1 Februari 2023 08:49 WIB
Contoh sambrana wacana dalam bahasa Bali.
Contoh sambrana wacana dalam bahasa Bali. ( Pexels)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai sambrama wacana dalam bahasa Bali. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sambrama wacana itu?

Dalam bahasa Indonesia sambrama wacana ini bisa diartikan sebagai kata sambutan yang biasanya disampaikan oleh para pejabat atau pihak-pihak tertentu dalam sebuah acara.

Sembrana wacana ini dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan tata cara penyampaiannya, yakni sebagai berikut.

  • Sambrana wacana tutur: kata sambutan yang disampaikan secara langsung atau lisan.
  • Sambrana wacana sasuratan: kata sambutan yang disampaikan dengan membaca naskah.
  • Sambrana wacana ardatutur: kata sambutan yang disampaikan secara semi lisan.

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh sambrana wacana dalam bahasa Bali dengan beragam tema yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Contoh Pidarta Bahasa Bali Lengkap, Beragam Tema, dan Singkat

Contoh Sambrama Wacana Bahasa Bali

Contoh 1

Om Swastyastu,

Bapak Kepala Sekolah sane banget baktinin titiang, bapak ibu guru sinamian sane baktinin titiang, pasawitran titiang sareng sami sane tresna sihin titiang. Sadurung titiang matur amatra.

Titiangsane nyelewedi dados manggalaning sisya nyihnayang rasa pangayu bagia majeng ring Ida SangHyang Widhi Wasa, sangkaning asung kerta wara nugraha ida iraga sareng sami iriki prasidangalaksanayang pujaning saraswati ring rahinane mangkin.

Ida dane sareng sami, manawita sampun uning nyabran Saniscara Umanis Watugunung pastika sampun iraga nglaksanayang pujaning Sang Hyang Saraswati pinaka bhataraning pangweruhan. Gargita pisan manah titiang santukan nyingakin sajebag kulawarga sekolah sumuyub salunglung sabayantaka, sapunika taler para parawantaka (panitia) prasida ngelarang pacentokan penjor langebogan pantaraning kelas sane janten sampun kadasarin manah suci nirmala buat nincapangrasa bhakti iraga sareng sami majeng ring Ida.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.