Presiden Resmikan Terminal Tipe A Amplas & Terminal Tipe A Tanjung Pinggir

10 Februari 2023 07:45 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan serentak Terminal A Amplas, Medan dan Terminal A Tanjung Pinggir, Pematang Siantar
Presiden Joko Widodo meresmikan serentak Terminal A Amplas, Medan dan Terminal A Tanjung Pinggir, Pematang Siantar ( )

Medan, Sonora.ID - Usai menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Terminal Amplas.

Presiden didampingi Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution, meresmikan Terminal Tipe A Amplas di Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas dan Terminal Tipe A Tanjung Pinggir, Kota Pematangsiantar, Sumut, Kamis (9/2).

Prosesi peresmian dilakukan serentak di Terminal Tipe A Amplas ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden.

Dengan peresmian kedua terminal itu, Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo berharap budaya untuk menggunakan transportasi massal semakin meningkat.

Menurut Presiden, kemacetan kini tidak hanya terjadi di Jakarta saja, tetapi juga di kota-kota besar lainnya seperti Medan, Bandung, Surabaya dan Makasar. Salah satu upaya untuk mengatasinya, Presiden berharap agar masyarakat mau menggunakan transportasi massal baik busa natar kota maupun antar pulau.

Untuk mendukung hal itu, kata Presiden, tentunya masyarakat membutuhkan fasilitas terminal bus yang baik, bersih dan nyaman.

“Masyarakat atau penumpang tentunya tidak ingin terminal yang kotor dan banyak preman. Siapa yang mau naik bus, kalau hal seperti itu masih terjadi," kata Presiden.

Presiden menyebutkan jika di Jakarta sudah ada transportasi MRT (Mass Rapid Transit). Juga akan hadir LRT (light Rail Transit), begitu juga dengan kereta cepat antar Kota Jakarta dan Bandung akan selesai.

Oleh karenanya, Presiden berharap kota-kota besar lainnya di Indonesia, khususnya luar Jakarta harus mulai berpikir untuk membangun MRT dan LRT serta moda transportasi lainnya. Jika tidak, kemacetan akan terus terjadi lantaran jalan tidak bisa dilebarkan sehingga akhirnya semua orang akan sangat tergantung pada kendaraan pribadi.

Baca Juga: Satlantas Polrestabes Rekayasa Lalin Fly Over Amplas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm