8 Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat, Beragam Tema, dan Artinya

12 Februari 2023 15:30 WIB
Pidato bahasa Inggris singkat dengan tema yang beraneka ragam.
Pidato bahasa Inggris singkat dengan tema yang beraneka ragam. ( Pexels)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa contoh pidato dalam bahasa Inggris yang singkat.

Sebelumnya, kita pelajari terlebih dahulu mengenai hakikat pidato itu. Melansir dari laman KBBI V, pidato merupakan merupakan sebuah wacana yang disiapkan untuk disampaikan di depan khalayak.

Sementara itu dalam buku Tematik SD/MI, dijelaskan bahwa pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi dengan susunan yang baik untuk menyampaikan pendapat atau memberi informasi kepada orang banyak.

Berbicara mengenai tema yang biasa diangkat dalam pidato pun sangatlah beragam. Tema pidato juga biasanya tidak akan jauh dari permasalahan di kehidupan sehari-hari, misalnya, kesehatan, pendidikan, kebersihan, kepedulian hingga kepemimpinan.

Berikut ini pun kumpulan contoh pidato bahasa Inggris yang singkat dan beragam tema, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Contohnya

Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat

Contoh 1

Hari Pahlawan

Assalamualaikum wr. Wb.

Good morning Ladies and Gentlemen. Honorable all of the committees. Honorable to all of the judges and the audiences here.

First of all I would like to say thanks to Allah for giving me blessings and health. 

Ladies and Gentlemen, 

Every November 10th we always commemorate our The Day of Hero. We know that Independence is not free. There are so many struggles and sacrifices to get it. They, who died fighting for our independence, are called heroes. A hero didn’t ask anything. They dedicated all their lives for our freedom, Indonesian freedom. 

As students, we have to respect and appreciate our heroes. We can continue their struggle by studying hard. We must pray to them everyday. Even before we started our lesson. Don’t forget to hold their pictures on the wall. I don’t want to hear that a student can’t answer the questions about heroes. I don’t want to hear that students don’t know their heroes. 

Thank you for the attention. 

Wassalamualaikum wr wb.

Artinya:

Assalamu'alaikum wr. wb 

Selamat pagi Bapak dan Ibu. Yang terhormat semua panitia. Yang terhormat untuk semua juri dan penonton di sini.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah karena telah memberikan saya berkat dan kesehatan. 

Bapak dan Ibu sekalian, 

Setiap tanggal 10 November kami selalu memperingati Hari Pahlawan. Kita tahu bahwa Kemerdekaan tidak gratis. Banyak perjuangan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Mereka yang mati-matian memperjuangkan kemerdekaan kita disebut pahlawan. Seorang pahlawan tidak bertanya apa-apa. Mereka mendedikasikan seluruh hidup mereka untuk kemerdekaan kita, kemerdekaan Indonesia. 

Sebagai pelajar, kita harus menghormati dan menghargai para pahlawan kita. Perjuangan mereka bisa kita lanjutkan dengan rajin belajar. Kita harus berdoa kepada mereka setiap hari. Bahkan sebelum memulai pelajaran kita. Jangan lupa untuk memajang foto mereka di dinding. Saya tidak ingin mendengar bahwa seorang siswa tidak dapat menjawab pertanyaan tentang pahlawan. Saya tidak ingin mendengar bahwa siswa tidak mengenal pahlawan mereka.  

Terima kasih atas perhatiannya. 

Wassalamualaikum wr wb.

Contoh 2

Daur Ulang Sampah

Good morning my teacher and friends. 

I thank God for His blessing, and the teacher for choosing me to deliver this message to you all.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm