Gandeng UMB, BKKBN Kalsel Dorong Mahasiswa Terlibat Cegah Stunting

16 Februari 2023 14:00 WIB
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bangga Kencana dan Stunting di Studio Adijani Al-Alabij, Gedung Ahmad Azhar Basyir, Kampus Utama UMB
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bangga Kencana dan Stunting di Studio Adijani Al-Alabij, Gedung Ahmad Azhar Basyir, Kampus Utama UMB ( Smart Banjarmasin/Razie)

Barito Kuala, Sonora.ID – Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) mengikuti kuliah umum Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bangga Kencana dan Stunting di Studio Adijani Al-Alabij, Gedung Ahmad Azhar Basyir, Kampus Utama UMB, di Handil Bakti Barito Kuala pada Rabu (15/02) sore.

Penyampaian materi diberikan oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, Bonivasius Prasetya Ichtiarto, yang menguraikan Panjang lebar terkait persoalan dan solusi mengendalikan kasus kekerdilan.

Di sela-sela kuliah umum, Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ramlan menyebut bahwa pemberian materi terkait stunting ini sangat berguna sebagai modal bagi mahasiswa dalam melaksanakan salah satu Tri Darma perguruan tinggi, yakni pengabdian masyarakat berupa KKN tematik.

Pada masa-masa KKN dalam kurun waktu yang telah ditentukan pihak kampus, mahasiswa KKN menurut Ramlan bisa memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat, bagaimana caranya melakukan pencegahan dan mengatasi permasalahan stunting.

“Ini sebagai modal bagi anak-anak kita, agar mereka turut memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana caranya pencegahan stunting,” tutur Ramlan.

Baca Juga: Dukung Pembenahan BUMD Baramarta, KAKI Kalsel Minta Tak Ada Isu Miring

Ia melanjutkan, ilmu-ilmu yang didapatkan selama kuliah umum ini sangat bermanfaat untuk diteruskan kepada masyarakat, misalnya terkait pemberian makanan sehat dan bergizi yang menjadi kunci awal pencegahan stunting.

“Tidak mesti mahal makanan bergizi itu, contohnya telur kan sangat tinggi proteinnya,” beber Ramlan.

Ia berharap, melalui kegiatan KKN tematik ini, mahasiswa dapat menjadi bagian dalam mengatasi persoalan stunting, khususnya di desa-desa di wilayah Kalsel.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor UMB, Ahmad Khairudin menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan kuliah umum bertajuk "KKN Tematik Bangga Kencana dan Stunting Mahasiswa Peduli Stunting" ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm