Mensos Risma Serahkan Bantuan untuk Kelompok Rentan di Bandung

21 Februari 2023 18:00 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada 6 penerima manfaat yang saat ini sedang menderita berbagai penyakit berat ataupun langka di Sentra "Wyata Guna" Bandung (21/02/2023).
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada 6 penerima manfaat yang saat ini sedang menderita berbagai penyakit berat ataupun langka di Sentra "Wyata Guna" Bandung (21/02/2023). ( Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI)

Bandung, Sonora.ID - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada 6 penerima manfaat yang saat ini sedang menderita berbagai penyakit berat ataupun langka.

Penyerahan bantuan dilakukan di Sentra "Wyata Guna" Bandung (21/02/2023) dengan total yang didapatkan dari Kitabisa.com berjumlah Rp374.269.930.

Tidak hanya menyerahkan bantuan, Kemensos juga memberikan bantuan ATENSI berupa bantuan nutrisi, bantuan main anak rekreatif dan edukatif, perlengkapan sekolah serta bantuan kewirausahaan.

Mensos pun mengucapkan rasa terima kasih kepada para donatur yang telah berdonasi.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan para orang orang baik di sana yang memberikan sumbangsihnya untuk anak-anak kita yang saat ini macam-macam sakitnya melalui Kitabisa.com," ungkap Mensos Risma.
 

Bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu para penyintas penyakit berat atau langka untuk membiayai operasional pengobatan serta memenuhi kebutuhan nutrisi dan obat-obatan yang tidak dibiayai oleh BPJS. 
 
"Kalau pengobatan sudah dari BPJS ya kalau untuk kebutuhan sehari-hari itu bisa digunakan membeli kebutuhan untuk nutrisi dan kebutuhan pangan karena rata-rata mereka kurang mampu," kata Mensos Risma.

Kemensos juga membantu memberikan fasilitas pengantaran ke rumah sakit, memberikan tempat untuk menginap, hingga fasilitas kehidupan jika penerima bantuan harus dirawat atau dirujuk ke rumah sakit di luar daerah tempat mereka tinggal.

Mensos juga mengungkapkan bahwa tidak ada prosedur yang rumit untuk mendapat bantuan dari Kemensos. 

 
"Ini nggak pakai prosedur. Langsung kita tangkap begitu ada teman-teman media muat lalu langsung kami datang ke sana nggak pakai prosedur apa-apa. Kemudian karena ada yang tidak bisa dipenuhi dari BPJS saya minta bantuan dari Kitabisa.com", tegas Mensos Risma.

Pada penyerahan bantuan ini Mensos didampingi oleh Hospital Coordinator Wilayah Prov Jawa Barat Restu Rahayu, sebagai perwakilan dari Kitabisa.com.

 
Restu mengungkapkan bahwa, nilai bantuan yang diterima oleh penerima bantuan berbeda-beda.
 
"Kalau untuk bantuan itu beda-beda tiap orang tapi untuk pasien sendiri minimal 70 juta kalau untuk total sudah sangat banyak", kata Restu.
 
Baca Juga: Persiapan Sambut Ramadhan, Daop 2 Bandung Bersihkan Perlintasan Kereta

Tidak hanya hadir untuk menyerahkan bantuan, Mensos Risma juga hadir untuk meninjau Sentra Kreasi Atensi (SKA) yang berada di Sentra "Wyata Guna" Bandung.

 
Mensos Risma menegaskan bahwa keberadaan SKA merupakan sebuah terobosan, agar para penyandang disabilitas dapat berdaya dan mandiri melalui wirausaha.
 
Hadir mendampingi Mensos pada kunjungan ini, Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano Sigit Prakoeswa, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Pepen Nazaruddin, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kanya Eka Santi, Kepala Sentra Terpadu Inten Soeweno M.O. Royani, Kepala Sentra Galih Pakuan Siti Sari Rumayanti dan Kepala Sentra Wyata Guna Bandung Iri Sapria.

Penulis: Saortua Marbun

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

PenulisBiro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm